Hanya dengan Perintah Suara, Robot Ini Bisa Otomatis Berubah jadi Mobil

Teknologi.id . January 13, 2020

Foto: New Atlas

Teknologi.id - Perusahaan robotika asal China, Robosen Robotics baru saja meluncurkan T9, robot yang bisa berubah bentuk menjadi mobil hanya melalui perintah suara atau aplikasi di gelaran CES 2020 yang berlangsung di Las Vegas, Amerika Serikat (AS).

T9 merupakan robot tranformasi aktual yang dirancang untuk menstimulasikan minat anak-anak dalam bidang pemrograman, robotika, dan kecerdasan buatan (artificial intelligence/AI).

Baca juga: Samsung Kenalkan Neon, Proyek Avatar Digital yang Mirip Manusia

Dilansir dari laman New Atlas, Senin (13/1/2019), T9 diklaim sebagai robot pertama yang bisa secara otomatis berubah dari robot ke bentuk mobil dan kembali ke bentuk asalnya.

Selain itu, robot ini juga bisa berjalan dengan dua kaki ketika dalam bentuk robot, melaju di atas roda ketika dalam bentuk mobil, melibatkan pengodean dan pengembangan program, dan dapat dikontrol dengan perintah suara atau melalui aplikasi. Bahkan T9 juga bisa melakukan beberapa gerakan seperti menari.

Robot ini dianimasikan menggunakan tiga platform pemrograman: grafis manual, visual dan 3D. Bagi anak-anak yang ingin belajar coding juga didukung oleh tutorial gratis secara online.

Setelah pengguna membuat atau menyesuaikan gerakan animasi, gerakan tersebut bisa disimpan di dalam memori robot yang memiliki cukup ruang yang banyak. Jika pengguna belum ada ide lagi, Robosen memiliki komunitas online untuk menawarkan peluang kolaboratif, serta bantuan dan inspirasi.

Baca juga: Temi, si Robot Pintar yang Dapat Berinteraksi dan Mengikuti Pemiliknya

T9 dirancang dengan bingkai alumunium campuran, shell ABS dan polikarbonat. Robot ini dilengkapi dengan 23 chipset eksklusif perusahaan dan 22 motor servo yang bisa diprogram dengan algoritma AI untuk menggerakkan sendi – ada dua servo di dada, empat di masing-masing tangan, lima di setiap kaki, dan dua di roda penggerak.

Ukurannya adalah 265 x 163 x 340 mm dalam bentuk robot, dan berdimensi 287 x 198 x 149 mm jika sedang berubah wujud menjadi mobil. Kapasitas daya baterai robot ini adalah 2.000 mAh. Sayangnya, tidak dijelaskan secara rinci berapa lama robot dapat beroperasi dengan baterai tersebut.

Robot T9 dibanderol seharga USD499 (Rp6,9 juta).

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar