Dilengkapi Teknologi OCR, Google Photos Kini Bisa Pindai Teks di Dalam Gambar

Google Photos
Foto: fonearena.com

Teknologi.id – Fitur pada Google Lens yang memungkinkan pemindaian teks di dalam sebuah gambar kini juga tersedia di layanan penyimpanan foto, Google Photos.

Fitur yang dilengkapi teknologi AI yakni OCR (Optical Character Recognition) tersebut, dapat menampilkan nama atau tulisan dari gambar apapun.

Teknologi OCR nantinya akan memindai secara otomatis dari seluruh koleksi foto pengguna, sehingga pengguna yang ingin mencari teks tak perlu lagi memilih foto terlebih dahulu.

Baca juga: Google Ungkap Nama OS Android Terbaru, Tak Lagi Pakai Nama Makanan Manis

Dilansir dari 9to5google, fitur ini pertama kali ditemukan oleh pengguna Twitter @hunterwalk. Ia lalu mencuitkan temuannya dan membagikan beberapa gambar screenshoot yang menampilkan bagaimana tampilan fitur baru tersebut bekerja di Google Photos.

Setelah terungkap dan semakin ramai di Twitter, Google Photos pun menanggapi cuitan @hunterwalk tersebut. Mereka menyatakan bahwa fitur dengan kemampuan untuk mencari teks di dalam foto-foto tersebut akan diluncurkan bulan Agustus ini.

Google Photos juga menjelaskan bagaimana cara kerja fitur baru tersebut dalam cuitannya. Setelah menemukan foto yang terdapat teks, pengguna tinggal mengklik  tombol ‘Lens’ untuk kemudian bisa menyalin dan menggunakan teks tersebut.

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending