Google Ungkap Nama OS Android Terbaru, Tak Lagi Pakai Nama Makanan Manis

os android
Foto: 9to5Google

Teknologi.id – Google resmi mengumumkan nama dari OS Android terbaru yang dikenal saat ini Android Q. Pengumuman ini cukup mengejutkan sebab perusahaan memutuskan untuk tidak lagi memakai nama makanan manis untuk Android.

Ini adalah pertama kalinya Google menanggalkan nama-nama makanan manis yang selama sepuluh tahun melekat sebagai penamaan Android.

Dikutip dari laman The Verge, Jumat (23/8/2019), Android terbaru yang rilis tahun ini akan memakai nama Android 10. Angka 10 merujuk pada usia Android tahun ini yang menginjak satu dekade.

Selanjutnya, tampaknya nama-nama Android bakal menggunakan angka untuk melanjutkan Android 10 ini, seperti Android 11, dan seterusnya.

Baca juga: Bug Android Ini Bikin Ponsel Boros Baterai, Begini Cara Mengatasinya

Menurut VP Product Management Android,Sameer Samat, keputusan penamaan Android 10 yang terdengar lebih simpel diambil karena tidak semua masyarakat global paham penamaan kudapan.

Ia mencontohkan, di beberapa bahasa, pengucapan L dan R yang tidak jauh berbeda ternyata membuat pengguna cukup sulit membedakan versi Android.

Samat mengungkapkan, tidak jarang saat nama Android Lollipop diucapkan, cukup banyak orang yang tidak mengetahuinya sebagai penerus KitKat.

Baca juga: Susul iOS, Fitur Sidik Jari WhatsApp Kini Sudah Bisa Dicoba di Android

Selain itu, beberapa makanan yang digunakan untuk nama Android ternyata tidak familiar bagi sejumlah orang. Seperti contoh, pie tidak termasuk dessert di sejumlah wilayah dan marshmallow tidak terlalu populer di banyak tempat di dunia.

Hal ini mengakibatkan beberapa pengguna awam tidak sadar bahwa perangkat mereka berjalan dengan sistem oeprasi Android versi paling baru. Menurut Samat, penamaan yang jelas dan mudah dipahami semua orang secara global adalah hal yang penting bagi sistem operasi Android.

“Sebagai sistem operasi global, penting untuk memakai nama yang jelas dan dipahami oleh semua orang. Jadi, untuk rilis selanjutnya, Android akan dipanggil sebagai Android 10,” tulis Samat menjelaskan perubahan ini.

Android 10 saat ini telah tersedia dalam versi beta publik dan siap meluncur dalam beberapa bulan ke depan menggantikan Android 9 Pie.

Daftar Lengkap Nama OS Android

Hasil gambar untuk android all version
Foto: mindster.in

Sekadar informasi, saat ini sudah ada sebelas nama sistem operasi Google yang diambil dari makanan camilan manis dan hidangan penutup (dessert).

Berikut daftar lengkap nama Android secara alfabet:

Android 1.0 : Android Alpha

Android 1.1 : Android Beta

Android 1.5 : Android Cupcake

Android 1.6 : Android Donut

Android 2.0-2.1 : Android Eclair

Android 2.2-2.2.3: Android Froyo

Android 2.3-2.3.7: Android Gingerbread

Android 3.0-3.2.6:Android Honeycomb

Android 4.0-4.0.4: Android Ice Cream Sandwich

Android 4.1.-4.3.1: Android JellyBean

Android 4.4-.4.4.4: Android KitKat

Android 5.0-5.1.1: Android Lollipop

Android 6.0-6.0.1: Android Marshmallow

Android 7.0-7.1.2: Android Nougat

Android 8.0: Android Oreo

Android 9: Android Pie

(dwk)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Trending