Garuda Buat Beyond Fresh untuk Atasi Covid-19 di Rumah Sakit

Fabian Pratama Kusumah . November 25, 2021

Foto: Covid19

Teknologi.idCucu usaha Garuda Indonesia, Garuda Daya Pratama Sejahtera (GDPS) mengembangkan Beyond Fresh untuk menata udara di rumah sakit.

Hal ini mengadopsi teknologi seperti milik ruangan kabin pesawat. Teknologi ini dirancang oleh para pakar penerbangan Indonesia.

Beyond Fresh mampu menonaktifkan aerosol pembawa virus dengan menggunakan sinar UV-C, penyaringan virus melalui filter HEPA, dan pengaturan sirkulasi udara sesuai dengan standar ACH.

The International Air Transport Association (IATA) juga menyatakan bahwa teknologi HEPA yang dipasang di pesawat efektif dan mampu menangkap 99,99% partikel.

Termasuk virus di udara yang terbawa ke dalam kabin pesawat setiap 2-3 menit, sehingga sangat tepat untuk diterapkan di rumah sakit maupun ruangan lain, khususnya di tengah pandemi seperti saat ini.

Beyond Fresh menjadi solusi yang efektif bagi rumah sakit untuk menghadirkan fasilitas kesehatan yang memenuhi standar baku mutu mikrobiologi udara untuk rumah sakit.

Berdasarkan data dari LaporCovid19, tenaga kesehatan yang gugur di Indonesia telah mencapai lebih dari 2,000 korban jiwa, dimana mayoritas korban merupakan dokter dan perawat.

"PT. GDPS tergerak mendukung perjuangan tenaga kesehatan dengan mendorong implementasi Beyond Fresh sebagai inovasi teknologi tata udara di rumah sakit,” ujar Mohamad Arif Faisal selaku Direktur Utama, PT. GDPS.

Baca juga: Ternyata Para Hewan ini yang Menyebarkan Covid-19 Menurut AI

Menurutnya, rumah sakit perlu menyediakan lingkungan kerja yang aman dan nyaman bagi para tenaga kesehatan, salah satunya adalah tata udara yang baik di seluruh ruangan.

Rumah sakit Haji Universitas Islam Negeri (UIN) Syarif Hidayatullah Jakarta telah menerapkan inovasi teknologi Beyond Fresh, terutama di ruangan ICU/ICCU karena terdapat pasien infeksius.

Kedepannya seluruh rumah sakit diharapkan dapat menerapkan teknologi ini untuk menjaga kepercayaan masyarakat yang akan berkunjung ke rumah sakit agar tidak tertular Covid-19.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler