Ternyata Para Hewan ini yang Menyebarkan Covid-19 Menurut AI

Fabian Pratama Kusumah . November 23, 2021

Foto: Wikipedia

Teknologi.id - Pemodelan AI memprediksi ada 540 spesies mamalia yang paling mungkin menyebarkan Covid-19. Temuan ini berdasar informasi habitat dan aspek biologi mereka.

Menurut model AI tersebut, cerpelai, trenggiling sunda, dan kelelawar, termasuk di antara 10% spesies teratas yang paling mungkin menyebarkan COVID-19, dan ini sesuai dengan hasil eksperimen laboratorium.

SARS-CoV-2, virus yang menyebabkan COVID-19, menginvasi jaringan tubuh manusia dan hewan dengan melibatkan protein ACE2 pada sel host dengan protein lonjakannya (spike protein).

Langkah ini diperlukan untuk menginfeksi hewan, sebuah prasyarat untuk potensi penularan selanjutnya ke inang lain.

Dengan memahami seberapa baik versi protein ACE2 tertentu mengikat protein spike virus corona, ini akan membantu ahli memprediksi hewan mana yang paling mungkin terkena Covid-19 dan menyebarkannya.

Dikutip dari New Scientist, spesies yang diprediksi dapat melakukan ini, antara lain termasuk rusa berekor putih, yang baru-baru ini ditemukan memiliki tingkat infeksi yang sangat tinggi di Amerika Utara.

Baca juga: Bill Gates Ungkap Cara Akhiri Pandemi COVID-19 Tahun Depan

Selain itu, sigung belang dan 76 spesies hewan pengerat termasuk beberapa spesies tikus dan tikus rusa juga dianggap berpotensi menyebarkan virus Corona, bersama dengan beberapa spesies ternak seperti kerbau.

Sementara itu, kata Arinjay Banerjee dari Universitas Saskatchewan di Kanada menambahkan, temuan ini adalah pendekatan yang sangat berguna untuk memprioritaskan spesies hewan mana yang patut diawasi terkait penyebaran Covid-19.

"Pengawasan akan membantu melacak infeksi virus dan kemungkinan munculnya varian virus corona yang diadaptasi dari hewan," katanya.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler