Fitur Baru untuk Pesepeda Kini Hadir di Google Maps

Super Intern . October 26, 2020

Foto: Semarangku.com

Teknologi.id - Sejak merebaknya virus COVID-19 di berbagai belahan dunia, hobi bersepeda yang dari dulu sudah ada pun kini melonjak naik. 

Dikutip dari GSM Arena dalam DetikInet, Google Maps, sebagai salah satu produk andalan Google, telah menerima permintaan sebanyak 69 persen untuk dihadirkannya fitur navigasi bagi para pesepeda.

Kabar baiknya, Google menanggapi dan menyanggupi permintaan tersebut. Banyaknya permintaan ini tidak lain karena rute navigasi motor dan mobil tidak bisa digunakan untuk pesepeda. 

Baca Juga: Google Maps Punya Fitur Baru untuk Bantu Jaga Jarak

Algoritma kecerdasan buatan atau Artificial Intelligence yang biasa disingkat AI menjadi teknologi yang digunakan Google. Selain itu, data crowdsourced, dan data yang didapat dari pemerintah di kota atau daerah setempat menjadi tambahan untuk menghadirkan opsi baru di Google Maps untuk para pesepeda.

Fitur baru ini berisi rute jalur sepeda berbagai macam dan rute jalur yang ramah sepeda. Di samping itu, Google Maps juga menghadirkan informasi dengan menunjukkan tempat penyewaan sepeda, jika tersedia. Navigasi ini sama seperti angkutan umum lainnya, namun kali ini sepeda sebagai penggantinya.

Google Maps juga memberikan informasi mengenai bike-sharing. Di beberapa kota, bahkan aplikasi bike-sharing ini dapat digunakan untuk menyewa dan membuka kunci sepeda dengan mudah.

Baca Juga: Google Maps Tambahkan Ikon Mobil Lucu di Aplikasinya

Dilansir dari Republika.co.id, manajer produk Google Maps, Vishal Dutta, menyatakan "Sejak COVID-19, orang-orang berkendara hanya sekadar untuk berolahraga, atau bisa juga untuk berangkat kerja dengan aman, kami ingin mempermudah para pesepeda untuk bersepeda dimana saja." tulisnya dalam blog.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Google mengundang instansi pemerintah daerah setempat untuk memperbarui perubahan pada daerah masing-masing melalui data geografis, dikarenakan mewabahnya COVID-19 membuat kota-kota tertentu menambah atau memperlebar jalur sepeda supaya lebih banyak orang yang beraktivitas menggunakan sepeda. 

Sayangnya, fitur baru Google ini baru tersedia untuk kota-kota besar, dan juga Google tidak menyebutkan kota besar mana yang dimaksud. Tapi kamu jangan khawatir, tunggu saja fitur baru ini menjangkau kotamu.

(rh)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler