Foto: TechCrunch
Teknologi.id - Tutorial dan review make up adalah salah satu konten terpopuler di Youtube, karena mampu membantu pengguna YouTube untuk mengerti tentang produk kecantikan baru dan cara menerapkannya. Menyadari hal tersebut, YouTube kini memperkenalkan fitur baru berupa fitur Augmented Reality, yang memungkinkan penonton untuk mencoba produk kecantikan secara virtual langsung dari aplikasi YouTube. Disebut AR Beauty Try-On, fitur ini dirancang untuk digunakan dengan pengalaman layar terpisah sembari penonton Youtube menyimak tutorial.
Baca juga: Cara Akses YouTube Premium Gratis Selamanya!
Pada bagian atas, penonton akan melihat video tutorial. Sementara pada bagian bawah, akan melihat tampilan dari kamera depan ponsel, memungkinkan penonton untuk mencoba produk yang dibahas dalam video. Dengan dukungan ini, penonton bisa memilih warna seperti warna lipstik baru kemudian menerapkannya di wajah mereka sendiri sembari video tutorial tayang.
Dilansir dari laman TechCrunch (20/6/2019), Saat ini, fitur AR itu tengah dalam tahap pengujian awal dan tengah diuji pada kreator YouTube melalui program FameBit. Melalui program ini, merek-merek produk kecantikan akan bisa terhubung ke kreator konten YouTube yang memasarkan produk mereka via sponsor berbayar. Youtube mengatakan telah menguji AR Beauty Try-On dengan beberapa merek kosmetik. Hasilnya ditemukan bahwa 30% penonton mencoba mengaktifkan fitur ini ketika fitur itu tersedia di aplikasi YouTube untuk iOS. Meskipun angka itu tidak terlalu besar, orang-orang yang mencoba fitur tersebut menghabiskan waktu selama 80 detik untuk mencoba berbagai warna lipstik. M·A·C Cosmetics adalah merek pertama yang meluncurkan kampanye AR Beauty Try-On, yang memungkinkan perusahaan itu untuk melihat penggunaan fitur mencoba make up virtual secara real-time.Baca juga: Cara Agar YouTube Tetap Berjalan Meski Layar HP Dimatikan
AR Beauty Try-On sendiri merupakan yang terbaru dari beberapa inisiatif AR Google termasuk peluncuran AR di Google Search. Namun, Google bukan perusahaan pertama yang menawarkan pengujian kosmetik secara virtual. Ada sejumlah aplikasi kecantikan AR yang menawarkan pengalaman serupa dengan AR Beauty Try-On YouTube. Contohnya seperti YouCam Makeup, Artis Virtual Sephora, GLAMLab Ulta, dan lainnya. L'Oréal sebelumnya juga menawarkan Live Try-On di situs web-nya, dan pada tahun lalu bermitra dengan Facebook untuk menghadirkan riasan virtual. Perbedaan dengan Try-On AR di YouTube adalah bahwa fitur ini menawarkan kampanye iklan yang diberdayakan AR.
(dwk)
Tinggalkan Komentar