Facebook dan Ray-Ban Kolaborasi Garap Kacamata Pintar

Teknologi.id . September 17, 2020


Facebook's first 'smart glasses' will be Ray-Bans, coming next year - The  Verge
Foto: The Verge


Teknologi.id - Facebook dikabarkan berkolaborasi dengan produsen kacamata Ray-Ban untuk memproduksi kacamata pintar pertamanya yang siap rilis tahun depan, demikian dikatakan CEO Mark Zuckerberg dalam pidato pembukaan Facebook Connect.

"Kami tidak memiliki produk untuk dibagi dengan kalian hari ini tapi saya senang untuk berbagi bahwa kami telah membentuk kemitraan berjangka mulai dari membangun dan meluncurkan kacamata pintar pertama kami tahun depan," kata Zuckerberg seperti dikutip dari TechCrunch, Jumat (18/9/2020).

Kacamata pintar kolaborasi Facebook dan Ray-Ban ini nantinya tidak akan diklasifikasikan sebagai perangkat AR (augmented reality), dan tidak akan memiliki layar terintegrasi. Hal itu kemungkinan menunjukkan bahwa kacamata pinter tersebut akan lebih mirip dengan Snap Spectacles atau mungkin Echo Frames milik Amazon.

Meskipun begitu, sampai saat ini Facebook belum mengungkap detail lainnya terkait kacamata pintar tersebut, termasuk nama, fitur yang dibawa, tampilan aslinya, maupun harga yang akan dibanderol.


Baca juga: Lenovo Rilis Laptop Layar Ganda ThinkBook Plus di Indonesia

Pihak Facebook menyatakan bahwa kacamata pintar ini merupakan bagian dari Project Aria, salah satu proyek penelitian AR yang dikembangkan oleh Facebook Reality Labs.


Untuk Aria sendiri, Facebook mengatakan mulai bulan ini akan mulai menguji cobanya di dunia nyata dengan karyawan dan kontraktor untuk menyelesaikan masalah seputar privasi, perekaman video dan desain.

Facebook selama beberapa tahun belakangan memang telah mengutarakan rencana untuk membuat perangkat AR yang menyerupai kacamata pada umumnya, dan kini perusahaan tersebut bekerja sama dengan Ray-Ban untuk merancang bingkai kacamata pintar pertamanya, membenarkan rumor musim gugur lalu yang menyebut bermitra dengan merek kacamata asal Italia.


Facebook To Release Smart Glasses With Manufacturer Ray-ban | List23:  Latest U.S. News & Breaking World News
Foto: List23


"Kami sangat ingin menjelajahi perangkat yang dapat memberikan cara yang lebih baik kepada orang-orang untuk terhubung dengan orang-orang terdekat mereka. Perangkat yang dapat dikenakan berpotensi melakukan itu," ujar Vice President of the Reality Labs division, Andrew Bosworth.

Baca juga: Cara Membuat Avatar Facebook di WhatsApp dan Instagram

"Kami memiliki mitra yang sama ambisiusnya yang akan meminjamkan keahlian dan katalog brand kelas dunia mereka ke kacamata pintar pertama yang benar-benar modis," ujarnya.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya