CEO Apple: Skill Ini Penting Dimiliki Anak Muda untuk Sukses

CEO Apple: Skill Ini Penting Dimiliki Anak Muda untuk Sukses
Foto: InsideHook

Teknologi.id – Menyambut era industri 4.0, banyak pihak yang khawatir jika skill atau kemampuan yang mereka miliki akan diambil alih oleh teknologi. 

Lalu, skill apa yang sebaiknya harus dikembangkan anak muda saat ini agar siap dan mampu bertarung di industri digital? CEO Apple Tim Cook punya saran mengenai skill yang harus dipelajari jika ingin sukses.

Tim Cook menyarankan para anak muda untuk memiliki kemampuan coding atau pemrograman aplikasi. Menurutnya, coding adalah bahasa kedua paling penting yang bisa dipelajari. Semakin muda menguasai, akan semakin baik. 

Baca juga: 5 Softskill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di 2019 Menurut LinkedIn

“Aku pikir semua anak di dunia harus belajar caranya ‘code’. Apakah minatmu pada sains atau seni, itu adalah cara untuk mengekspresikan diri,” kata Tim Cook dalam Time 100 Summit di New York, AS beberapa waktu lalu.

Kemampuan coding memang sangat diperlukan di era digital seperti sekarang ini. Dengan skill tersebut orang bisa bekerja di berbagai industri. Cook tidak menyarankan anak-anak muda untuk terjun ke dalam dunia coding dan jadi programmer. Namun, menyarankan agar coding menjadi bagian dari pengetahuan. 

“Aku tidak mengatakan bahwa setiap orang harus jadi programmer, yang aku katakan adalah, ini mirip dengan pelajaran sejarah dan matematika, kemampuan inti yang wajib dimiliki setiap anak,” jelas Cook.

Baca juga: 5 Hardskill yang Paling Dibutuhkan Perusahaan di 2019 Menurut LinkedIn

Manfaat coding terbukti bisa meningkatkan kesempatan seseorang untuk jadi kaya. Di tahun 2017 sepertiga user di platform Codecacademy mengatakan bahwa mereka menghasilkan lebih banyak uang karena mempelajari coding. Dilaporkan oleh Money, tahun lalu rata rata pengahsilan Developer software adalah $106.000 atau Rp 1,4 miliar per tahunnya.

Akan tetapi, tidak semua orang sepakat dengan pendapat Tim Cook. Salah satunya adalah CEO LinkedIn, Jennifer Weiner. Ia mengatakan bahwa softskill, seperti kemampuan komunikasi dan kepemimpinan saat ini lebih penting dari kemampuan teknis.

Akan tetapi, Cook juga tidak membantah bahwa kreativitas itu sama pentingnya bagi anak muda. Sebab itulah Cook juga menekankan pentingnya kemampuan kreatif untuk anak-anak muda. 

(FM)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *