Bukan Cuma Perlengkapan Medis, Ini Kunci Lawan Corona Menurut Jack Ma

Sutrisno Zulikifli . May 01, 2020

lawan covid19

Jack Ma. Foto: Reuters

Teknologi.id - Pendiri Alibaba Foundation, Jack Ma mengungkap cara paling efektif untuk melawan virus COVID-19. Lelaki yang kini juga ikut fokus pada bidang filantropi ini menyebut, perlengkapan medis tidak cukup untuk menahan laju penyebaran virus Corona ini.

"Selama tiga bulan terakhir, saya mengikuti perkembangan pandemi ini setiap hari. Di tengah berbagai upaya kami memberikan bantuan perlengkapan medis, kami menyadari bahwa dalam pandemi ini, dunia tidak hanya membutuhkan perlengkapan medis," kata Jack Ma dalam rilis Alibaba, yang dikutip dari Detik.com, pada Jumat (1/5/2020).

BACA JUGA: Perangi COVID-19, Alibaba Bentuk Komunitas Virtual untuk Tenaga Medis di Seluruh Dunia

Melainkan, kata Jack Ma, cara melawan virus Corona adalah dengan berbagi pengetahuan, pengalaman, dan praktik terbaik. "Pengalaman para petugas medis sebagai garda terdepan dalam menghadapi pandemi juga begitu penting," sambungnya.

Hal itu juga menjadi alasan utama Jack Ma mengembangkan Global MediXchange (GMCC). Dengan begitu, setiap negara tidak perlu memulai dari nol untuk melawan virus Corona.

"Solidaritas dan kolaborasi menjadi kunci kesuksesan kita. Solusinya terletak bukan pada isolasi, melainkan pada kerja sama," ujarnya.

Seperti diketahui, pada Maret lalu Jack Ma Foundation dan Alibaba Foundation meluncurkan GMCC dengan tujuan mengatasi COVID-19 melalui komunikasi dan berbagi pengetahuan.

Didukung teknologi dan perangkat dari Alibaba Health dan Alibaba Cloud, platform ini memiliki tiga komponen utama: buku panduan digital tentang pencegahan dan penanganan pandemi, diskusi online secara real-time, serta video dan webinar.

BACA JUGA: Bill Gates dan Elon Musk Ramai-ramai Sindir Kebijakan Donald Trump

Hingga kini, platform ini telah menyelenggarakan sesi berbagi pengetahuan antara pimpinan gugus tugas penanganan pandemi dan pakar medis di Tiongkok dengan tenaga medis dari rumah sakit di Rwanda, Ethiopia, Afrika Selatan, Zimbabwe, Pusat Pengendalian dan Pencegahan Penyakit Afrika, dan Indonesia.

Platform GMCC dan semua informasi yang terdapat di dalamnya, termasuk video webinar, Buku Panduan Konstruksi dan Operasi Rumah Sakit Karantina, Rumah Sakit Darurat, Strategi Tanggap Rumah Sakit Umum, serta Pencegahan dan Penanganan COVID-19 dapat diakses secara gratis dan online. 

(sz)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler