Begini Cara Upgrade Windows 7 ke Windows 10 secara Gratis

Teknologi.id . January 14, 2020

Upgrade Windows 7
Foto: PCWorld

Teknologi.id - Laptop dan PC yang masih menggunakan sistem operasi (OS) Windows 7 kini akan lebih rentan rentan dan mudah ditembus berbagai ancaman keamanan, seperti virus, dan malware. Hal ini lantaran, mulai hari ini (14/1/2020), Microsoft berhenti memberikan dukungan bagi Windows 7.

Nah, agar PC dan laptop tetap aman, pengguna disarankan untuk upgrade ke Windows 10. Pengguna bisa mengupgrade Windows 7 ke WIndows 10 secara gratis.

Baca juga: Konflik Iran-AS Disebut Akan Merembet ke Ranah Siber, Hindari Pakai VPN Sembarangan

Cara updatenya cukup mudah, pengguna hanya memerlukan koneksi internet yang stabil dan yang paling penting adalah kode lisensi Genuine dari OS Windows sebelumnya.

Jika dua hal itu sudah terpenuhi, langkah selanjutnya adalah kunjungi tautan berikut ini dan klik tombol "Download Tool now" untuk mengunduh software guna meng-upgrade OS Windows. 


Foto: KompasTekno


Setelah selesai diunduh, buka aplikasi tersebut dan klik tombol "Accept" untuk menyetujui penggunaan pemakaian OS, lalu klik pilihan "Upgrade this PC now", dan klik tombol "Next".

Pada tampilan selanjutnya, pilih "Keep personal files and apps" untuk memastikan file yang tersimpan di komputer tidak hilang ketika proses upgrade berlangsung. Kemudian, klik "Install".

Selanjutnya, aplikasi ini bakal mengunduh beragam file yang diperlukan untuk kepentingan upgrade. Durasi proses ini tergantung dengan kecepatan internet masing-masing pengguna.

Saat proses download selesai, software tersebut kemudian akan memasang Windows 10 di komputer pengguna secara otomatis. Dalam tahapan ini, komputer pengguna akan mengalami restart beberapa kali, jadi jangan khawatir.

Baca juga: PrintPen, Printer Portable untuk Semua Bahan dan Permukaan

Ketika proses pengunduhan dan pemasangan OS selesai, pengguna akan melihat tampilan Windows 10. Langkah terakhir, pengguna perlu mengaktivasi Windows 10 agar tidak dianggap ilegal oleh Microsoft.

Untuk mengaktifkannya, pengguna bisa pergi ke menu "Settings" > "Windows Update" > "Activation" yang bisa ditemukan di menu "Start". Di tampilan "Activation", masukkan kode lisensi OS Windows yang digunakan sebelumnya.

Kendati Windows 7 bisa di-upgrade ke Windows 10, sebenarnya Microsoft tak menyarankan hal ini.

"Bagaimanapun cara terbaik untuk merasakan pengalaman dari Windows 10 adalah PC baru. Sekarang ini banyak komputer yang lebih cepat dan lebih kuat dengan Winfdows 10 yang sudah terinstall," tulis Microsoft dalam lamannya.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya