Begini Cara Mudah Ganti Password Akun Tokopedia

Sutrisno Zulikifli . May 03, 2020

Foto: Track Your Market

Teknologi.id - Sebanyak 91 juta akun pengguna Tokopedia dikabarkan bocor dan diperjualbelikan di dark web.

Baik dari pihak Tokopedia maupun para pakar keamanan siber menyarankan kepada pengguna, untuk segera mengubah password atau kata sandinya. Hal ini dimaksudkan untuk menghindari potensi yang bisa lebih merugikan.

Lantas bagaimana cara mudah untuk mengganti password akun Tokopedia? 

BACA JUGA: 15 Juta Akun Tokopedia Dibobol, Siapa Dalangnya?

Cara mengubah password akun tokopedia tidaklah sulit. Pertama, silakan login ke akun kalian, baik lewat PC ataupun aplikasi yang ada di ponsel. Selanjutnya, pilih tab " Akun" yang terletak di pojok kanan bawah aplikasi dan klik ikon "Pengaturan".

Kemudian tinggal pilih menu "Akun" dan klik menu "Kata Sandi". Pada tampilan akun bank, pilih nomor rekening yang didaftarkan saat awal registrasi dan klik tombol "Hapus".

Namun jika dirasa masih kurang aman, kalian juga bisa mengaktifkan fitur keamanan ekstra lainnya melalui verifikasi dua langkah (two-factor authentication/2FA).

Ketika fitur ini aktif, pengguna harus memasukkan enam digit kode yang dihasilkan secara acak dan berkala dari sistem. Namun untuk mengaktifkannya, kalian wajib mengunduh aplikasi Google Authenticator.

BACA JUGA: 8 Platform Digital yang Digemari Pendaftar Program Kartu Prakerja, Mayoritas Belajar Bahasa Inggris

Sebelumnya diberitakan pada Sabtu (2/5) malam, seorang pengguna dari Raid Forums dengan nama akun Whysodank menyatakan kalau ia memiliki seluruh data 91 juta pengguna Tokopedia dan 7 juta akun merchant, yang lantas mengunggahnya untuk dijual di dark web Empire Market.

Tak berselang lama, keesokan harinya Minggu (3/5) seluruh data 91 juta akun pengguna Tokopedia sudah terjual seharga US$5.000 (Rp74,3 juta).

VP of Corporate Communications Tokopedia Nuraini Razak pun mengimbau kepada para pelanggan untuk mengganti kata sandi alias password akun Tokopedia mereka secara berkala.

(sz)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler