Beberapa Sumber Data Terbaik untuk Membangun Model Data Science

Technology background red and blue color, circuit board and code. 3d Illustration.

Setiap hari, setiap detik sejumlah besar data dihasilkan di Internet. Sesuai laporan IBM, sekitar 2,5 triliun byte data dihasilkan setiap hari. Dengan teknologi yang ada saat ini, semua orang dapat terbantu dengan belajar dari data-data tersebut. Sekarang, data telah menjadi subjek bagi para akademisi di mana penelitian dan analisis mendalam dilakukan untuk menimbulkan fakta dan pola. Di dunia digital ini, setiap inovasi saat ini dibangun berdasarkan data-sentris.

Faktanya, data scientist adalah salah satu pekerjaan dengan bayaran tertinggi dalam ilmu komputer. Banyak perusahaan berusaha untuk mendapatkan seorang data scientist. Tidak hanya korporasi tetapi berbagai badan pemerintah, dan organisasi sosial juga mencari para ilmuwan data untuk mendapatkan sebagian besar data demi inovasi sosial.

Jadi, bagi kamu yang ingin memulai karir di bidang ilmu data, ada banyak kursus online yang dapat kamu ikuti secara gratis. Namun, untuk menjadi yang terbaik dalam industri, wajib hukumnya akan pemahaman praktis dari algoritma pembelajaran Mesin atau machine learning (ML) dan aplikasi berbagai model data. Pada kesempatan kali ini, Teknologi.id memberikan referensi tiga sumber data yang dapat digunakan untuk bahan pembelajaranmu dilansir dari Technotification!

  • Kaggle

Kaggle adalah salah satu situs web pembelajaran yang terkenal di dunia untuk Data Science dan Machine Learning. Situs ini terdiri dari lebih dari 6000 set data yang dapat diunduh dalam format CSV. Set data ini banyak membantu ilmuwan di seluruh dunia untuk membuat model. Kaggle bukan hanya kumpulan dataset tetapi terdiri dari komunitas ilmuwan data terbesar. Ada pula kompetisi yang membantu para ilmuwan data pemula untuk menunjukkan keahlian mereka.

  • UCI Machine Learning Repository

UCI Machine Learning Repository adalah pusat set data yang tersedia untuk diunduh secara gratis. Terdapat 427 set data di situs ini sebagai layanan untuk komunitas Machine Learning. Set data di repositori ini sangat teratur dan dapat difilter untuk mencari kumpulan data yang diinginkan.

  • data.gov

data.gov adalah pusat data terbuka Pemerintah AS yang terdiri terdiri dari berbagai kategori kumpulan data dan topik yang berbeda seperti Pertanian, Iklim, Konsumen, Ekosistem, Pendidikan, Energi, Keuangan, Sains, dan Penelitian. data.gov dikelola dan diselenggarakan oleh Administrasi Layanan Umum AS.

Selamat belajar dan berkarya!

Baca juga: 5 Tools Terbaik untuk Meningkatkan Kemampuan Programming.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *