Teknologi Apple: Nyalakan Mesin dan Kunci Pintu Mobil Pakai iPhone

Sutrisno Zulikifli . June 25, 2020

Ilustrasi penguncian pintu mobil menggunakan iPhone (Foto: BMW)



Teknologi.id - Ada fitur menarik baru pada perangkat iPhone. Namanya 'CarKey'. Fitur ini bisa membuka dan mengunci pintu mobil, serta menyalakan mesin mobil secara nirkabel.

Tapi, fitur ini tidak berlaku untuk semua jenis mobil. Sejauh ini, Apple mengkonfimasi, seperti dilansir The Verge, CarKey cuma bisa digunakan pada mobil BMW 2021 Seri 5 yang keluar bulan Juli mendatang.

BACA JUGA: Seperti Samsung, Apple Juga Luncurkan Fitur Pengingat Cuci Tangan

Apple mengatakan fitur itu merupakan bagian dari pembaruan iOS 14, tapi cukup mendukung untuk iOS 13. Fitur akan berfungsi di atas NFC (Near Field Communication).

Apple juga mengatakan sedang bekerja dengan standar industri yang akan menggunakan chip U1 ultra wideband baru daripada hanya mengandalkan NFC.

Cara Kerja CarKey

Cara kerja CarKey sederhana. Anda cuma diminta untuk mendekatkan iPhone Anda ke NFC di mobil. Setelah itu, muncul permintaan mengautentikasi dengan face ID atau touch ID sebelum mobil dibuka.

Namun, Anda dapat menggunakan Express Mode untuk melewati otentikasi biometrik. Kemudian, Anda juga dapat berbagi akses dengan orang lain melalui iMessage.

BACA JUGA: Apple Perkenalkan Fitur Siri Terbaru yang Mampu Menerjemahkan Bahasa di WWDC 2020

Sedangkan untuk menyalakan mobil, iPhone cukup diletakkan pada pad pengisian daya mobil. Lalu, tekan tombol starter untuk menyalakan mobil.

Diakui Apple jika masih bergantung pada NFC yang memungkinkan perangkat dalam jarak beberapa sentimeter satu sama lain untuk bertukar data secara nirkabel.

Namun, Apple berencana untuk transisi menggunakan teknologi yang berbeda, yakni ultra wideband, yang akan memungkinkan untuk membuka kunci dari jarak yang lebih jauh.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya