Tahun Depan, Data Email Hingga Foto Akan Dihapus oleh Google

Super Intern . December 11, 2020

Foto: Insajderi

Teknologi.id - Per tanggal 1 Juni 2021, Google akan menghapus seluruh data yang ada pada Gmail, Google Photos, dan Google Drive, termasuk Google Slide, Spreadsheet, Gambar, Formulir, dan Jamboard.

Dilansir dari CNBCIndonesia, Google telah mengonfirmasi kabar ini (11/12). Hal ini sesuai dengan kebijakan baru mengenai praktik industri yang berlaku.

Tapi kamu tidak perlu khawatir, penghapusan data ini dapat terjadi jika kamu tidak aktif selama 24 bulan atau 2 tahun di Gmail, Drive, atau Photos. Terlebih lagi, jika kamu adalah pengguna Google One yang penyimpanannya tidak melebih kuota yang ditentukan dan memiliki reputasi yang baik, maka data-datamu juga akan baik-baik saja.

Baca Juga: Perangi Hoax Soal Vaksin COVID-19, Google Rilis Panel Khusus

Data yang ada pada Gmail, Drive, Photos dapat dihapus jika melebihi batas kapasitas penyimpanan selama 2 tahun. Walaupun kebijakan baru ini berlaku mulai tanggal 1 Juni 2021, penerapannya akan dilakukan 1 Juni 2023.

Google menjelaskan bahwa per 1 Juni 2021, jika pengguna tidak aktif atau melebihi batas penyimpanan, Google akan mengirimkan pengingat atau pemberitahuan melalui email dan notifikasi sebelum menghapus semua data yang tersimpan.

Google juga menambahkan bahwa setelah data terhapus dikarenakan kamu tidak aktif atau penyimpananmu melebihi kapasitas, kamu masih tetap bisa login.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar FULL STACK DEVELOPER, FRONT END REACT, FLUTTER MOBILE DEVELOPMENT, BACK END PYTHON, dan DATA SCIENCE bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Baca Juga: Cina Klaim Telah Buat Komputer yang Lebih Cepat dari Google

Kebijakan mengenai status tidak aktif dan batas penyimpanan yang melampaui kuota hanya berlaku untuk pengguna perorangan Google. Lain halnya dengan Google Workspace, G Suite for Education, dan G Suite for Nonprofits, kebijakan ini tidak akan berlaku.

"Anda dapat menggunakan pengelola penyimpanan gratis di aplikasi Google One dan di web untuk melihat penggunaan penyimpanan Akun Google Anda, serta mengosongkan ruang penyimpanan di Gmail, Google Drive, dan Google Photos," ujar Google.

(rh)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler