Raspberry Pi Rilis Case Fan untuk Cegah Overheating

Annisa Fadillah . November 30, 2020

Foto : TechCrunch

Teknologi.id - Raspberry Pi Foundation telah merilis produk baru kemarin Senin (30/11), berupa sebuah kipas seharga $ 5 (atau sekitar Rp 70 ribuan). Kipas ini berukuran kecil dan dikombinasikan dengan heatsink mini untuk Raspberry Pi 4. Perangkat tersebut diberi nama Rapsberry Pi 4 Case Fan, yang berfungsi sebagai aksesori yang dapat mencegah Raspberry Pi dari kepanasan atau overheating.

Sekedar informasi mengenai Raspberry Pi, perangkat tersebut adalah sebuah keyboard kompak dengan komputer berbasis ARM built-in. Cara menggunakannya yaitu cukup hubungkan ke TV atau monitor menggunakan salah satu dari dua port micro HDMI, masukkan kartu microSD, pasang kabel listrik dan mouse, dan pengguna memiliki komputer dasar untuk tugas sehari-hari, coding, atau pemutaran media.

Baca Juga : Tips Rakit PC Gaming Harga Terjangkau Kualitas Jempolan

Raspberry Pi 4 adalah perangkat Raspberry Pi terbaru yang memiliki peningkatan performa sangat besar dibandingkan Raspberry Pi 3. Namun, tak lama setelah dirilis tahun lalu, komunitas pengguna Raspberry Pi memperhatikan bahwa komputer keyboard ini cenderung menjadi panas. Dalam beberapa kasus, suhu menjadi sangat panas sehingga perangkat tidak punya pilihan selain membatasi frekuensi CPU.

Selama setahun terakhir, perusahaan telah merilis pembaruan perangkat lunak yang berfokus pada pengoptimalan daya. Meskipun memecahkan masalah dalam beberapa kasus, pembaruan ini belum bisa memperbaiki semua situasi. Beberapa pengguna cenderung menggunakan daya komputasi Raspberry Pi untuk waktu yang lama.

Sebetulnya, tersedia beberapa kipas pendingin dari pihak ketiga dengan ukuran heatsink yang besar. Namun, Raspberry Pi Foundation melihat ukuran tersebut tidak sesuai dengan keyboardnya. Pihak perusahaan akhirnya tergerak untuk membuat kipas kecil khusus yang cukup untuk mencegah terjadinya overheating.

“Ini menarik karena udara akan dialirkan melalui USB dan konektor Ethernet, kemudian melewati heatsink bersirip kecil yang terpasang ke prosesor, dan pembuangan udara panas dilakukan melalui slot kartu SD,” kata Raspberry Pi Foundation. Ini adalah solusi sementara yang murah, tapi Rapsberry Pi berharap akan memprioritaskan pembuangan panas yang efisien untuk generasi Raspberry Pi berikutnya.

Baca Juga : Harga dan Spesifikasi Keyboard Raspberry Pi 400

(af)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler