Pembawa Berita AI di Korea Selatan Terlihat Sangat Realistis

Super Intern . November 27, 2020
Sumber: PR Newswire


Teknologi.id - MBN, saluran berita Korea Selatan, memperkenalkan pembawa berita bertenaga AI pertama di negara itu. AI tersebut terlihat sangat realistis, dan Anda mungkin tidak akan sadar bahwa itu adalah duplikat bertenaga AI dari pembawa berita terkenal Kim Ju-Ha.

AI Kim Jun Ha adalah kolaborasi antara saluran berita MBN dan firma kecerdasan buatan Money Brain. Pembawa berita berdasarkan kecerdasan buatan secara mengejutkan mirip dengan versi manusianya. Meski memiliki kemiripan yang tepat dalam penampilan dan suara pembawa berita terkenal, robot bertenaga AI ini juga memiliki gerakan kecil yang mirip dengan Kim Ju Ha seperti mengutak-atik pena saat meliput berita.

Baca juga: Cara Memperpendek Link dengan Mudah dan Cepat

Selama wawancara dengan Korea Joongang Daily, robot AI mengatakan dia diciptakan melalui pengamatan video selama sepuluh jam dari Kim Ju Ha, yang memungkinkannya untuk melakukan cara dia berbicara dengan suara yang tepat. Robot AI menambahkan bahwa ia dapat melaporkan berita dengan cara yang sama seperti yang dilakukan oleh pembawa acara Kim Ju Ha.

Saluran berita tersebut mengatakan bahwa penyiar AI akan memberikan banyak informasi tentang bencana alam dan keadaan darurat lainnya karena selalu tersedia, baik siang maupun malam. MBN mengatakan teknologi baru ini akan membantu mengurangi biaya tenaga kerja dan produksi pada umumnya.

AI adalah berita menakutkan bagi pembaca berita manusia karena teknologi tersebut akan mengurangi kemungkinan mereka untuk mendapatkan pekerjaan. Namun, para ahli memiliki pandangan yang menyangkal dan mengatakan bahwa kecerdasan buatan tidak akan pernah sepenuhnya menggantikan pekerjaan mereka.

Baca juga : YouTube Uji Penchapteran Video Otomatis dengan AI

Beberapa ahli lain mengatakan bahwa gagasan tentang robot yang hampir menyerupai manusia tampaknya terlalu aneh bagi manusia, dan permintaan publik akan pembawa berita yang sebenarnya akan membantu mereka mempertahankan pekerjaan mereka.

Para ahli percaya bahwa kecerdasan buatan tidak dapat melewati batas hingga mirip dengan kita. Dan bahkan jika teknologi maju ke titik di mana sulit untuk membedakan keduanya, otak manusia akan menolaknya begitu ia menemukan bahwa AI tersebut bukan lah manusia.

AI Kim Ju Ha adalah pembawa berita bertenaga AI pertama di Korea Selatan, tapi ini jelas bukan yang pertama di dunia. Beberapa tahun yang lalu, kantor berita negara Cina, yaitu Xinhua menampilkan dua pembawa berita AI yang tampak sangat realistis.

(mm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler