Mesin Penjual Bir Otomatis Ini Dapat Jadi Masa Depan Bar

Stefanie Tanaki . February 23, 2021

Foto: Interesting Engineering

Teknologi.id - Berawal dari candaan, tiga mahasiswa Universitas Teknologi Eindhoven Belanda berhasil menciptakan mesin penjual bir otomatis. Mesin yang dinamai Bierport ini dapat menuangkan pint yang sempurna hanya dalam tujuh detik.

Dilansir dari Interesting Engineering, pada hari Selasa (23/2), sebenarnya, mesin penjual bir otomatis ini tidak jauh beda dengan mesin penjual otomatis yang dapat mengeluarkan berbagai minuman seperti kopi atau paket kecil makanan ringan. Bierport juga bekerja dengan cara yang hampir sama yaitu menghasilkan minuman dingin dengan cepat dan mudah. Bedanya, mesin penjual bir otomatis ini menyajikan bir di dalam gelas dan bukan bir kaleng. Sehingga, pengalaman membeli bir lebih cepat dan fresh seperti bir yang dibuat langsung oleh bartender.

“Berkat kode QR, mesin ini dapat mengeluarkan nampan berisi satu anggur, dua minuman ringan, dan tiga bir akan keluar begitu saja dari mesin. Sistem akan mengingat pesanan Anda dan dapat segera menyiapkannya jika Anda memintanya,” kata Davey Lindhout, salah satu dari tiga penemu.

Dengan menggunakan Bierport, pekerjaan bartender akan jadi lebih mudah, sebab mesin tersebut dapat secara otomatis menyajikan bir. Namun, pencipta Bierport menekankan bahwa kebutuhan akan bartender tetap ada, karena tong dan gelas plastik masih harus diisi ulang jika diperlukan.

Selain itu, tenaga manusia juga masih dibutuhkan untuk memperbaiki mesin jika mengalami gangguan mekanis serta untuk memastikan bahwa pembeli menampilkan identitas asli mereka saat membeli minuman.

Baca juga: Bill Gates Sebut Bitcoin Dapat Sebabkan Aktivitas Kriminal

Jenis penemuan ini mungkin berguna terutama saat masa pasca pandemi COVID-19. Mesin semacam itu dapat mengurangi kontak antar manusia dan meminimalkan antrian panjang dan ketat di bar.

Tim telah mencoba prototipe pertamanya dan sekarang tengah menunggu untuk menguji mesin ini sepenuhnya. Para mahasiswa tersebut juga telah memiliki perusahaan yang akan memproduksi mesin mereka dalam skala besar.

Begitu Bierport sukses diluncurkan, Lindhout mengatakan bahwa mesin tersebut akan dikembangkan tidak hanya menyajikan bir, tetapi dapat menyajikan minuman lain dengan cara yang sama.

Harapannya, mesin ini bisa digunakan di acara besar seperti pertandingan sepak bola atau festival musik. Acara besar seperti itu pasti akan mendatangkan banyak penonton, sehingga Bierport dapat meminimalkan antrian di bar dan membuat pekerjaan bartender jauh lebih cepat.

Baca juga: Netflix Rilis Fitur Download Baru, Mudahkan Nonton Offline

Diketahui, tim ini juga sudah menerima sejumlah pihak yang berminat untuk membeli mesinnya, seperti klub sepak bola dan pabrik bir.

(st)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler