Mengenal Clubhouse, Sosmed Baru yang Mulai Booming di RI

Stefanie Tanaki . February 16, 2021

Foto: Business - Insider

Teknologi.id - Netizen Indonesia tampaknya akan segera bergeser ke sosial media populer yang baru. Ya, sosial media tersebut adalah Clubhouse.

Nama Clubhouse mulai melejit secara global setelah salah satu orang terkaya di dunia, Elon Musk, hadir di salah satu sesi diskusi daring yang diadakan di sosial media tersebut. 

Dilansir dari Aljazeera, pada hari Selasa (16/2), Clubhouse merupakan aplikasi obrolan audio khusus undangan. Aplikasi ini telah resmi diluncurkan sejak Maret 2020 lalu dan telah digunakan oleh tokoh terkenal dunia seperti Elon Musk, Mark Zuckerberg, Oprah Winfrey dan lain sebagainya. 

Untuk dapat memulai atau mendengarkan percakapan di ruang digital aplikasi ini, pengguna harus diundang oleh pengguna lain yang telah bergabung ke Clubhouse. Dengan itu, Clubhouse menawarkan konsep "ekslusif" karena hanya dapat digunakan oleh pengguna yang memiliki undangan. 

Tidak ada unggahan foto atau video dalam sosial media ini. Hanya ada audio, dimana pengguna seperti mendengarkan podcast secara langsung dan memungkinkan pendengar untuk ikut serta. Tidak hanya menjadi pendengar, pengguna Clubhouse juga dapat menjadi pembicara dengan memulai ruang obrolannya sendiri.

TIdak ada aturan mengenai topik apa yang dapat dibahas di Clubhouse. Pengguna bebas membahas topik apapun tanpa terkecuali. 

Selain itu, aplikasi ini mengusung konsep FOMO atau Fear of Missing Out. FOMO merupakan istilah yang digunakan untuk menyebut pola perilaku anak muda yang selalu takut ketinggalan tren yang sedang berjalan. Hal ini disebabkan oleh setiap pembicaraan atau sesi yang sedang berlangsung hanya akan disiarkan sekali dan tidak dapat diulang. 

Sampai saat ini, aplikasi tersebut hanya tersedia di perangkat Apple. Meskipun begitu, aplikasi ini mulai banyak digunakan. Bahkan, dikutip dari CNBC Indonesia, pada hari Selasa (16/2), per 1 Februari, total pengguna Clubhouse telah mencapai 2 juta pengguna dengan nilai perusahaan mencapai 1 miliar dolar AS. 

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar Full Stack Developer, Front End React, Flutter Mobile Development, Back End Python, dan Data Science bersama tech expert dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events

Mulai Booming di Indonesia

Foto: Instagram

Di Indonesia sendiri, media sosial tersebut baru-baru ini mulai banyak digunakan oleh public figure seperti Ernest Prakarsa, Arief Muhammad, Chef Arnold, Rachel Vennya, Reza Arap Oktovian dan lain sebagainya.

Banyak public figure yang menggunakan Clubhouse untuk membahas topik-topik menarik mulai dari yang serius hingga yang ringan dan santai. Dikutip dari akun Instagram Komunitas Clubhouse Indonesia @clubhouseindonesia, pada hari Selasa (16/2), telah banyak topik menarik yang dibawakan oleh tokoh terkenal dan kompeten di bidangnya.

Salah satunya adalah topik tentang industri perfilman yang dibawakan oleh Joko Anwar dan Ernest Prakarsa. Diketahui, topik ini merupakan salah satu topik yang paling ramai dikunjungi audiens Indonesia. Selain itu, banyak topik penting lain yang juga sering dibahas seperti mengenai investasi, bisnis, karir dan lain sebagainya. 

Dikarenakan banyak public figure Indonesia yang mulai menggunakan Clubhouse dan kerap membagikan ilmu yang bermanfaat, dapat dipastikan popularitas aplikasi ini di Indonesia akan meningkat. Pasalnya, melalui Clubhouse, pengguna dapat mendengar langsung sesi-sesi tersebut secara gratis. Pengguna mungkin juga dapat merasa lebih "dekat" dengan tokoh favoritnya karena bergabung di sesi obrolan yang dibawakan oleh tokoh tersebut.

Baca juga: Inilah Karir UI/UX yang sedang Banyak Dicari oleh Perusahaan

(st)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler