Mau Mengambil Pinjaman Online? Perhatikan Dulu Hal Berikut

Muhammad Iqbal Mawardi . January 22, 2021

Foto: Pinterest.com

Teknologi.id – “Uang bukanlah segala, namun segalanya butuh uang”, di era sekarang ini rasanya hal tersebut tidak dapat disalahkan sepenuhnya. Uang menjadi elemen penting bagi seseorang untuk dapat mendukung keberlangsungan kehidupannya.

Namun, seringkali kita dihadapkan dengan berbagai kebutuhan mendesak dan darurat. Hadirnya lembaga fintech (financial technology) dapat menjadi salah satu solusi untuk masyarakat.

Namun tetap saja, namanya meminjam uang apalagi secara online, terdapat beberapa hal penting yang harus kamu perhatikan sebelum mengambil pinjaman online. Apa sajakah itu? Berikut ulasannya.

1. Perhatikan Besaran Bunga

Sebelum mengambil pinjaman online, perhatikan terlebih dahulu besaran bunga yang diberikan oleh pihak peminjam. Jangan mudah terpedaya oleh kemudahan meminjam yang nantinya justru berbalik menyusahkan dengan besaran bunga dan denda yang besar.

2. Data Pribadi yang Dibutuhkan

Saat akan mengajukan pinjaman online, biasanya pihak peminjam akan meminta beberapa data diri kita. Namun, perhatikan kembali rincian data pribadi yang diminta karena jika ceroboh, terkadang hal tersebut dapat dimanfaatkan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab.

Namun sebetulnya, penyerahan data diri memanglah wajar diminta ketika mengajukan pinjaman online. Namun poin pentingnya adalah calon peminjam mengerti dan memahami bahwa segala data diri yang ia berikan sudah melalui persetujuannya sebagai pihak peminjam untuk kepentingan peminjaman dan bukan untuk kepentingan lain.

Baca juga: Realme X9 Siap Mengudara Di Pasaran, Berikut Bocorannya

3. Jangka Waktu Peminjaman

Sebelum mengambil peminjaman, hitung terlebih dahulu waktu peminjaman  dengan kemampuan pribadi untuk membayar. Jangan sampai nominal pinjaman dan jangka waktu pembayaran yang kamu ajukan berlebihan.

Sedikit tips, ketika mengajukan pinjaman pastikan meminjam maksimal 30% dari penghasilan agar tidak terlalu memberatkan ketika melunasinya.

4. Periksa Rekam Jejak Fintech

Penting untuk memeriksa rekam jejak fintech sebelum mengambil peminjaman. Hal ini bertujuan agar kita dapat memastikan kredibilitas dari pihak fintech sehingga kemungkinan terjadinya tindak penipuan dan berbagai hal buruk lainnya dapat terhindarkan.

5. Baca Teliti Syarat dan Ketentuan

Ini merupakan hal penting yang sering sekali terlewatkan. Penting bagi pihak peminjam untuk membaca dengan teliti syarat dan ketentuan ketika mengambil pinjaman online. Karena segala sesuatu yang diatur dalam peminjaman online tersebut tentu dicantumkan dalam syarat dan ketentuan.

Jangan sampai asal menyetujui dan tanda tangan saja sebelum membaca dengan teliti setiap detail dari syarat dan ketentuan peminjaman. Apabila diperlukan, tanyakan hal-hal yang sekiranya belum kita pahami atau rancu daripada kedepannya mengalami kesusahan.

Baca juga: 8 Cara Mudah Mendapatkan Koin Shopee

(MIM)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler