Canggih, Perangkat Ini Bisa Buat Tubuh Manusia Jadi Baterai

Stefanie Tanaki . February 15, 2021

Foto: Interesting Engineering

Teknologi.id - Jika sedang menonton film Sci-Fi, kita biasa disuguhkan dengan teknologi-teknologi futuristik. Salah satunya adalah menggunakan tubuh manusia untuk memberi daya pada perangkat elektronik. Namun, teknologi ini tampaknya akan dapat segera digunakan di dunia nyata.

Dilansir dari Interesting Engineering, pada hari Senin (15/2), para peneliti di CU Boulder telah mengembangkan perangkat baru yang dapat mengubah suhu tubuh menjadi aliran listrik. sehingga pengguna dapat memberikan daya pada perangkat elektroniknya.

Perangkat ini nantinya dapat digunakan dengan biaya rendah dan cukup elastis sehingga pengguna dapat memakainya seperti cincin, gelang, atau aksesori lain. Perangkat tersebut akan dengan mudah mengubah tubuh manusia menjadi baterai.

"Di masa mendatang, kami ingin dapat memberi daya pada perangkat elektronik yang dapat dikenakan tanpa harus menyertakan baterai," kata Jianliang Xiao, seorang profesor di Departemen Teknik Mesin Paul M. Rady di CU Boulder.

Baca juga: Benarkah China Membuat Tentara Super yang Tahan Sakit?

Perangkat ini dapat menghasilkan sekitar satu volt energi untuk setiap 0,155 meter persegi (1 cm persegi) ruang kulit, cukup untuk memberi daya pada elektronik seperti jam tangan.

Perangkat ini memanfaatkan panas tubuh alami seseorang, dengan menggunakan generator termoelektrik untuk mengubah suhu internal tubuh menjadi listrik. Lebih canggih lagi, perangkat ini dapat menyembuhkan dirinya sendiri saat rusak dan dapat didaur ulang sepenuhnya.

Jika perangkat tersebut robek atau rusak, pengguna cukup mencubitnya kembali. Lalu, jika pengguna tidak ingin lagi menggunakan perangkat, mereka dapat mencelupkannya ke dalam larutan khusus yang akan memisahkan komponen elektronik dan melarutkan basa polimin (jangan tertukar dengan poliamina). Setiap bahan tersebut kemudian dapat digunakan kembali.

Memperkenalkan kelas premium teknologi.id untuk kalian yang ingin belajar UI UX Designer, Product Research, Esport Business Class, Digital Marketing, dan Sales & Marketing Professional bersama mentor-mentor berpengalaman dengan materi yang berkualitas serta up to date sesuai yang kalian butuhkan. Segera daftarkan dirimu untuk mendapatkan harga terbaik, jangan sampai ketinggalan!

teknologiid events
“Kami berusaha membuat perangkat kami semurah dan seandal mungkin, sembari juga memiliki dampak yang mendekati nol terhadap lingkungan,” kata Xiao.

Perangkat ini dapat bekerja jika tubuh menghasilkan energi panas yang biasa dibuang ke lingkungan. Sebagai contoh ketika sedang berolahraga. Secara alami, ketika sedang berolahraga, tubuh manusia akan memanas. Perangkat ini kemudian akan menangkap aliran energi itu dan mengubahnya menjadi listrik.

"Generator termoelektrik berada dalam kontak dekat dengan tubuh manusia, dan mereka dapat menggunakan panas yang biasanya akan dibuang ke lingkungan," kata Xiao.
“Hal yang menyenangkan tentang perangkat termoelektrik kami adalah Anda dapat memakainya, dan ini memberi Anda daya yang konstan,” lanjutnya.

(st)


teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler