Canggih, Microsoft Mesh Bisa Bikin Meeting dengan Hologram

Fabian Pratama Kusumah . March 03, 2021

Foto: Hologram

Teknologi.id – Lebih canggih dari pada Zoom dan Google Meet yang melakukan rapat online menggunakan jaringan agar dapat saling terhubung, saat ini Microsoft membuat software baru sehingga Anda dapat berinteraksi dengan avatar mereka di ruang virtual dan mengirimkan "objek" satu sama lain.

Software tersebut bernama Microsoft Mesh, yang secara resmi diumumkan hari Selasa lalu di Microsoft Ignite, konferensi pengembang tahunan perusahaan.

Berikut ulasan Microsoft Mesh yang dikutip dari Mashable SE Asia hari Rabu 03 Maret 2021

Melakukan rapat di Microsoft Mesh

Foto: Mashable

Baca juga: Microsoft Kembali Tutup Komentar IG Usai Diserbu Netizen RI

"Saya tahu Anda sedang duduk," kata Greg Sullivan, direktur mixed reality Microsoft, kepada saya meskipun kami tidak saling melihat. HoloLens 2 diikatkan ke kepala saya, saya berdiri, berjalan mendekat ke meja virtual, dan melihat avatar dari Sullivan sebelum ia berpaling kepada saya dan berkata, " Ini adalah Microsoft Mesh ."

Selama saya melihat Mesh, Sullivan memberi saya banyak hologram, termasuk bulan, ubur-ubur, dan hiu yang bergerak.

Berkat pelacakan tangan yang terpasang di headset, saya dengan mudah mengulurkan tangan dan meraihnya dengan tangan saya. Dari sana, saya mencubit jari-jari saya di sekitar objek, dan membuatnya lebih besar atau lebih kecil dengan menggerakkan kedua tangan saya menjauh atau lebih dekat.

Pengalaman akan bervariasi tergantung pada apa yang dilakukan pengembang dengannya dan jenis perangkat yang Anda gunakan.

Seperti yang saya katakan sebelumnya, saya mencobanya dengan HoloLens 2 yang memungkinkan Anda melihat sekeliling ruangan, jadi jika menggunakan headset VR mungkin terasa lebih mencakup sekeliling pandangan.

Berbicara tentang headset VR, Microsoft Mesh tidak terbatas pada HoloLens 2. Ini juga kompatibel dengan semua headset realitas campuran Windows (termasuk buatan dari HP, Lenovo, Acer, Samsung, dan Asus), dan Oculus Quest serta Quest 2 .

Microsoft Mesh akan dikembangkan di PC, smartphone, dan lainnya

Foto: Cnet

Baca juga: Penggunaan Social Commerce Meningkat Hingga 3 Kali Lipat

Kedepannya, Mesh akan terintegrasi dengan smartphone, PC, dan Mac, sehingga mereka yang tidak memiliki headset VR juga dapat merasakannya.

Misalnya, jika Anda menggunakan Microsoft Teams, mungkin suatu hari nanti dimungkinkan untuk menempatkan jendela konferensi video ke dalam ruang rapat virtual.

Selain raksasa teknologi seperti Microsoft, perangkat ini juga dapat berguna bagi mereka yang tidak harus bekerja di depan komputer sepanjang hari.

“Jika Anda adalah seseorang yang bekerja di jalur perakitan, atau memperbaiki mesin yang kompleks, atau sekumpulan skenario pekerja lini pertama lainnya, jika masih menggunakan laptop untuk bekerja maka Anda tidak benar-benar mendapat manfaat langsung dari revolusi digital, ”kata Sullivan.

Apakah Manfaatnya bagi kalangan umum?

Foto: Mashable

Baca juga: Ada Fitur Baru yang Dirilis WhatsApp Mirip dengan Instagram

Di luar untuk pekerjaan, Microsoft juga melihat Mesh sebagai cara untuk menghadiri pertemuan sosial, seperti konser dan bahkan bar, bersama teman dan keluarga.

Meskipun terlihat canggih, perangkat HoloLens 2 masih tergolong sangat mahal. Sementara banyak perangkat VR lain yang memiliki harga yang lebih terjangkau.

Misalnya Oculus Quest 2 yang dibanderol $299 atau sekitar Rp4.200.000. Sementara itu, HoloLens 2 terdaftar dengan harga $ 3.500 atau sekitar Rp50.000.000 di situs Microsoft.

Perlu juga dicatat bahwa Microsoft bukan satu-satunya perusahaan yang menawarkan perangkat lunak jenis ini. Ruang kerja kolaboratif di VR sudah ada, seperti Spatial, VrChat , Mootup, dan banyak lagi.

Jadi, dengan dibuatnya Mesh, maka Microsoft dan tim pengembang harus menemukan cara agar membuat platform ini menonjol daripada pesaingnya.

(fpk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar
Berita Terpopuler