Ada Fitur Baru yang Dirilis WhatsApp Mirip dengan Instagram

Fabian Pratama Kusumah . March 03, 2021

Foto: Kompas

Teknologi.id - Fitur baru dirilis oleh WhatsApp, yaitu mute video. Pembaruan ini tersedia untuk versi 2.21.3.13 dan sudah bisa dinikmati oleh para pengguna ponsel Android.

Beberapa negara sudah bisa menjajal fitur tersebut, termasuk juga negara Indonesia, pengguna hanya perlu melakukan update.

Sayangnya, belum ada informasi kapan akan tersedia pada sistem operasi iOS di iPhone. "Buat mata Anda, bukan untuk telinga Anda”.

“Sekarang Anda bisa mute audio di video-video Anda sebelum menambahkannya ke Status atau mengirimkannya di chat. Saat ini tersedia di Android," demikian pengumuman dari WhatsApp melalui Twitter dikutip dari Detik hari Rabu 03 Maret 2021.

Baca juga: Trik Cerdas WhatsApp Redam Signal dan Telegram

Fitur baru WhatsApp ini pertama kali dibocorkan oleh WABetaInfo bulan lalu. Sesuai namanya, fitur baru WhatsApp ditujukan untuk meniadakan suara di video yang akan dikirim oleh pengguna.

Selama ini, pengguna WhatsApp tidak dapat melakukan mute video yang bakal dikirim lewat chat ataupun diposting ke status mereka.

Bila ingin menghilangkan audio pun terpaksa menggunakan aplikasi pihak ketiga. Padahal cukup banyak pengguna yang hanya ingin kirim video, tidak disertai audio.

Berkaca pada sosial media seperti Instagram, media sosial tersebut mampu membungkam suara pada video baik saat diposting di stories maupun dikirim via direct message.

Baca juga: Shorts, Fitur Serupa TikTok dari YouTube Mulai Dirilis

Nah karena sudah dirilis, maka pengguna WhatsApp bisa langsung menghilangkan suara di video yang akan dikirim pada pengguna lainnya. Caranya sangat mudah.

Setelah melakukan update, pengguna akan melihat ikon speaker di samping durasi dan detail video yang bakal dikirim.

Ikon ini terletak tepat di sebelah kiri atas, berdekatan dengan informasi durasi video yang hendak diunggah, sebagaimana ikon yang dilingkari berikut ini.

Foto: Kompas

Setelah itu pengguna memilih ikon tersebut, WhatsApp akan mematikan suara dari video. Maka, tayangan akan terkirim atau terpajang di status tanpa suara apapun.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar