Penting! Berikut 3 Kelebihan & Kekurangan dari Uang Digital

Sagara Technology . November 26, 2021

Tahun 2021 adalah trend dimana uang digital sedang naik daun sehingga banyak orang yang berbondong-bondong untuk melakukan investasi seperti cryptocurrency, yap uang digital satu ini sebenarnya sudah banyak akan tetapi booming di tahun ini dengan segala kelebihan yang ditawarkan.


Namun kamu perlu ketahui banyak sekali jenis koin dari cryptocurrency. Mulai dari doge, Eth, dan NFT yang saat ini cukup populer di kalangan seniman. Pada artikel dahulu mengenai NFT (Non Fungible Token) telah dijelaskan pengertian dan cara kerjanya. Disini kita akan membahas seputar keuntungan dan kelebihan dari NFT.


Keuntungan NFT


1. Unik


Keunikan Non-Fungible Token membuat NFT art tidak dapat diduplikasi. Hal ini membuat nilai barang menjadi eksklusif.


Selain itu, keunikan Non-Fungible Token membuatnya menjadi susah untuk ditiru atau kecil kemungkinan ada tiruannya. Hal ini menjadikan NFT layak untuk dikoleksi.


2. Pasar yang Terdesentralisasi


Non-Fungible Token memungkinkan pemilik karya untuk menjual karyanya tanpa perantara.

Dengan begitu, pemilik Non-Fungible Token art bisa mendapatkan komisi saat terjadi transaksi.


3. Tidak Dapat Berubah


Karya Non-Fungible Token berisi metadata untuk mengidentifikasi bahwa karya tersebut asli. Nah, metadata ini tidak dapat diubah dan dihapus oleh siapapun. Dengan begitu, Non-Fungible Token akan tersimpan selamanya di blockchain. Ini membuat Non-Fungible Token menjadi hal yang memiliki harga tinggi dan collectible.


Kekurangan NFT



1. Pasar yang Volatile


Karena masih terhitung sangat baru, Non-Fungible token termasuk pasar yang volatile.

Tidak ada yang tahu pasti cara memperhitungkan naik turunnya harga.

Selain itu, tidak ada yang tahu pasti apakah pasar Non-Fungible Token akan bertahan lama. Hal tersebut membuat NFT sangat berisiko.


2. Dampak Merusak Lingkungan


Transaksi Ethereum saat pelelangan Non-Fungible Token bisa menimbulkan jejak karbon. Yang mana transaksi Ethereum tersebut mengkonsumsi energi lebih banyak dari Denmark mengkonsumsi energi selama setahun.


3. Penipuan dan Pencurian


Selama ini banyak kreator dan seniman yang mengaku karyanya telah dicuri dan dilelang tanpa persetujuan mereka.Hal ini menunjukkan lemahnya pasar NFT terhadap perlindungan hak cipta karya seni. 


Selain itu, seperti kripto, Non-Fungible Token juga rawan akan pencurian.Pastikan Anda melakukan transaksi dengan aman dan memasang two factor-authentication.

author0
teknologi id bookmark icon
author

Sagara Technology

Sagara Technology

Tinggalkan Komentar

0 Komentar