Pelopor Game Windows, Engstrom Meninggal Pada Usia 55 tahun

Indah Mutia Ayudita . December 14, 2020

Foto: Alex St. John

Teknologi.id - The Wall Street Journal mengabarkan bahwa salah seorang insinyur Microsoft, Eric Engstorm meninggal dunia pada tanggal 1 Desember 2020 pada usia 55 tahun akibat komplikasi.

Dunia game patut bersedih sebab Engstrom merupakan salah satu tokoh yang paling berpengaruh dalam perkembangan DirectX, sebuah antar muka pemrograman yang membuka jalan untuk pengembangan Xbox.

Baca juga: Norman Abramson, Bapak Wireless Modern Meninggal di Usia 88

Engstorm direkrut pada tahun 1994 untuk membantu membuat game dan sistem operasi Windows 95 yang praktis. Saat itu, pengembang kebanyakan menyukai overhead rendah dan kontrol DOS yang lebih besar.

Selain mengerjakan proyek tersebut, Engstrom juga membantu Alex St. John mengadvokasi platform DirectX meskipun kurang didukung oleh Microsoft. Saat itu, pemimpin Windows, Brad Silverberg bahkan harus berjuang untuk mempertahankan Engstorm bersama dengan St. John, dan Eisler agar tetap bisa bekerja.

Baca juga: Gawat! Akun Twitter Bill Gates, Elon Musk, hingga Barack Obama Diretas Hacker

Meskipun butuh waktu yang lama, DirectX berhasil menjadikan Windows sebagai platform andalan untuk game PC. DirectX juga berhasil membuka jalan untuk mengembangkan Xbox, bahkan varian Windows CE yang mendukung Sega's Dreamcast.

DirectX bukan satu-satunya kontribusi Engstorm. Ia juga berkontribusi dalam industri ponsel lewat startup Wildseed dan Windows Mobile, serta iklan layanan online Microsoft.

Selamat jalan, Engstorm. Kontribusimu dan karyamu akan selalu diingat.

(im)

teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler