John McAfee Ditangkap di Spanyol, Terancam 5 Tahun Penjara

Teknologi.id . October 07, 2020


Cybersecurity Magnate John McAfee Arrested in Spain, Facing Extradition to  the US
Foto: Ibtimes.sg



Teknologi.id - Pendiri perusahaan pembuat software antivirus McAfee, John McAfee dilaporkan ditangkap oleh Pemerintah Spanyol McAfee atas tuduhan penipuan dan pengemplangan pajak

Dikutip dari Reuters, Rabu (7/10/2020), McAfee ditangkap di Bandara Spanyol akhir pekan lalu ketika akan melakukan penerbangan ke Istanbul (Turki) dengan menggunakan paspor Inggris.

Sumber Pengadilan mengatakan John McAfee dihadapkan ke hakim pengadilan tinggi melalui panggilan video (video call) dan dikirim ke penjara di dekat Barcelona tanpa jaminan sambil menunggu proses ekstradisi ke Amerika Serikat (AS).

Baca juga: RUU Cipta Kerja Sah! Kekecewaan Netizen Banjiri Twitter

Dalam dokumen pengadilan, McAfee disebut menghindari kewajiban membayar pajak dengan berbagai cara. Termasuk menggunakan nama orang lain, mengalihkan pembayaran melalui rekening bank, rekening mata uang kripto, real estate, yacht, dan bermacam jenis kendaraan yang tak diatasnamakan McAfee.

Pelanggaran lain, Securities and Exchange Commission juga menggugat McAfee karena tak mengungkap kalau ia dibayar saat mempromosikan initial coin offering (ICO) di Twitter dari Desember 2018 sampai Januari 2018. Padahal ia dibayar sekitar USD 23 juta dalam bentuk bitcoin dan ether untuk mempromosikan ICO tersebut.

Jika terbukti bersalah, nantinya McAfee terancam akan mendekam lima tahun di dalam penjara.

Diketahui selama beberapa tahun belakangan, McAfee memang kerap terlibat kontroversi atas sejumlah pelanggaran hukum di samping kesibukannya mempromosikan mata uang kripto

Dalam sebuah video, McAfee mengklaim bahwa ia terpaksa mengasingkan diri setelah dituding menggunakan mata uang kripto untuk melakukan kejahatan melawan pemerintah AS pada Januari 2019.

Baca juga: Protes Omnibus Law, Netizen Serang Instagram Puan Maharani

Mentereng

Sebenarnya, rekam jejak hidup McAfee ukup mentereng bila mengesampingkan sisi kontroversialnya. Ia merupakan sarjana matematika di Roanoke College di tahun 1967 dan menerima gelar doktor kehormatan dari kampus yang sama pada 2008. Ia mengawali karier sebagai pemrogram perangkat lunak di NASA Institute for Space Studies, New York.

McAfee sendiri sudah pensiun dari perusahaan McAfee pada tahun 1994. Pada puncak kejayaannya, kekayaan McAfee diestimasi mencapai sekitar USD 100 juta.

(dwk)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler