Susul UEA, China Turut Siapkan Misi ke Mars Tahun Ini

Alda Yuriska . July 23, 2020

Foto: Space.com

Teknologi.id - China sepertinya menambah daftar negara yang menggelar misi luar angkasa menuju Mars di bulan Juli. Usai sebelumnya Uni Emirat Arab meluncurkan wahana orbiter Hope menuju Mars pada akhir pekan lalu, kini giliran China yang akan menunjukkan taringnya.

Dikutip dari Spaceflight Now (23/07/2020), China dikabarkan akan meluncurkan misi Tianwen-1 pada minggu ini karena terlihatnya roket Long March 5  dilandasan peluncuran yang akan membawa misi ini ke angkasa.

Bahkan, peluncuran ini juga disebut-sebut akan dimulai hari ini Kamis, 23 Juli antara pukul 12.00-15.00 waktu setempat lantaran adanya pemberitahuan publik yang memperingatkan kapal untuk menghindari zona drop downrange di sepanjang jalur penerbangan.

Baca Juga: Juli, China Mulai Misi Penjelajahan Planet Mars

Jika rencana ini berjalan mulus, Tianwen-1 akan tiba di Mars pada Februari 2021 setelah menempuh perjalanan 55 juta kilometer atau 34 juta mil selama 7 bulan mengarungi ruang angkasa.

Ilmuwan China mengatakan, misi Tianwen-1 sendiri nantinya akan melakukan sejumlah survei di Mars, termasuk mengukur komposisi tanah dan batu, mencari tanda-tanda air es yang terkubur dan mempelajari magnetosfer dan atmosfer Mars.

Selain itu, orbiter dan rover ini juga akan mempelajari cuaca serta mencari tahu struktur internal Mars. Nantinya, area yang dipilih untuk menjadi tempat pendaratan Tianwen-1 di Mars adalah Utopia Planitia, dataran luas yang ada di belahan utara Mars.

Baca Juga:  Peluncuran Robot Penjelajah NASA Ditunda

Hingga saat ini, baik pemerintah China maupun China National Space Administration belum mengungkap detail lebih lanjut mengenai misi Tianwen-1. Selain itu, pejabat tinggi China sendiri juga belum mengumumkan waktu peluncuran misi ini secara resmi.

Sebagai informasi, pada tahun 2011, China sempat meluncurkan orbiter Yinghuo-1 menggunakan roket Rusia, tapi sayangnya peluncuran tersebut gagal dan wahana tersebut jatuh kembali ke Bumi.

(ay)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya