SMHeartCard, Obat Penangkal Serangan Jantung Seukuran Kartu Kredit

SMHeartCard.

Teknologi.id – Kartu yang dirancang untuk menyimpan obat serangan jantung gagasan seorang dokter Universitas Alberta memberi harapan untuk menyelamatkan nyawa.

SMHeartCard, lebih kecil dari kartu kredit, adalah wadah dua buah ASA (asam asetilsalisilat) dan nitrogliserin, obat standar yang diberikan untuk mengobati serangan jantung.

“Sangat sedikit orang yang berisiko serangan jantung membawa sekitar dua obat-obatan yang mereka butuhkan ketika terjadi serangan jantung,” kata John Mackey, seorang profesor onkologi di University of Alberta.

“Sebuah penelitian baru-baru ini dari Alberta menunjukkan bahwa tidak satupun pasien serangan jantung membawa ASA. Hanya 11 persen pria dan 20 persen wanita yang membawa pil nitrogliserin. Dan tahukah Anda mengapa tidak? Kurangnya kenyamanan,” tambahnya.

Mengisi kebutuhan

“Waktu dari timbulnya nyeri dada untuk mendapatkan ASA dan nitrogliserin adalah prediktor utama kelangsungan hidup serangan jantung,” kata Mackey. “Empat puluh persen pasien tidak pernah sampai ke rumah sakit. Dan itulah mengapa pengobatan pertama di ambulans adalah pemberian obat-obatan ini.”

Itu juga mengapa Mackey dan James Stewart bersama-sama merancang wadah yang praktis dan inovatif. Mereka berharap orang-orang yang berisiko terkena serangan jantung tetap bersama mereka setiap saat.

SMHeartCard memiliki dua wadah tertutup, satu yang harus diisi dengan empat pil 81 mg ASA dan yang lainnya dengan tiga pil nitrogliserin. Wadah mudah diakses dengan membuka tutupnya.

Setelah mengalami rasa sakit, pasien diharapkan segera mengunyah empat pil ASA dan mengambil satu nitrogliserin. Setelah menunggu lima menit, jika rasa sakit tidak mereda, mereka mengambil pil nitrogliserin kedua. Mereka menunggu lima menit lagi, dan jika rasa sakit masih belum mereda, mereka mengambil pil ketiga dan menelepon 911.

“Mengapa menunggu untuk menelepon 911? Karena jika rasa sakit hilang dengan cepat, mungkin hanya angina atau peringatan,” jelas Mackey.

“Setiap menit yang berlalu dalam serangan jantung yang tidak diobati, bagaimanapun, adalah berbahaya,” katanya. “ASA segera mulai bekerja untuk membuka pembekuan darah, dan nitrogliserin bekerja untuk membuka pembuluh darah dan mengurangi beban kerja pada jantung. Perawatan dini memungkinkan untuk serangan jantung yang jauh lebih kecil. Mengurangi kerusakan jantung yang mungkin terjadi dan, akhirnya, meningkatkan peluang bertahan hidup jangka panjang.”

Merancang solusi

Kuncinya adalah merancang wadah yang bisa menahan nitrogliserin, kata Mackey.

“Obat ini cenderung menguap dan tidak dapat disimpan dalam plastik.”

Itu sebabnya nitrogliserin biasanya dipasok dengan botol semprot atau botol-botol kaca, sangat tidak nyaman untuk dibawa-bawa.

Mackey dan Stewart mengembangkan prototipe SMHeartCard menggunakan polimer polyfluorinated untuk membungkus pil nitrogliserin. Polimer polyfluorinated adalah satu-satunya material selain kaca yang dapat menangani nitrogliserin.

Mereka kemudian meminta seorang rekan, Neal Davies, seorang profesor dan dekan Fakultas Farmasi dan Ilmu Farmasi, untuk menguji SMHeartCard.

“Ternyata wadah itu sama efektifnya dengan botol kaca, meski pilnya disimpan pada suhu tubuh selama enam bulan. Faktanya, kami menaikkan suhu setinggi 60C dan serendah 4C dan pilnya sama stabilnya,” kata Mackey.

SMHeartCard tersedia online seharga $ 19,99. ASA dapat dibeli secara terpisah, dan tidak diperlukan resep untuk nitrogliserin.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *