Kehidupan Baru Diprediksi akan Muncul, ini Perkiraannya

Fabian Pratama Kusumah . August 02, 2021

Foto: IDN Times

Teknologi.id – Bumi yaitu planet yang memiliki kehidupan berbagai jenis makhluk hidup, membutuhkan paparan sinar Matahari.

Setiap detik, menit dan jam partikel cahaya yang dipancarkan Matahari sangat berarti bagi kehidupan di Bumi.

Semburan panas yang disebut angin Matahari menabrak Bumi dengan kecepatan sekitar 1,6 juta kilometer per jam. Partikel panas ini menembus atmosfer dan sampai ke permukaan Bumi.

Namun sejumlah ahli memprediksi Matahari suatu saat akan mati. Saat ini ahli menyebut usia Matahari 4,6 miliar tahun.

Dalam sebuah penelitian yang diterbitkan di jurnal Monthly Notices of the Royal Astronomical Society, sebuah tim astronom menghitung bagaimana intensitas Matahari akan berevolusi selama 5 miliar tahun ke depan dan kehabisan energi hidrogen.

Baca juga: Ini Kemungkinan yang Terjadi jika Bumi Berhenti Berputar

Ahli menyebut saat ini Matahari masih dalam siklus stabil. "Kita tahu bahwa angin matahari di masa lalu mengikis atmosfer Mars, yang, tidak seperti Bumi, tidak memiliki magnetosfer skala besar,"

Kata tim penulis studi Aline Vidotto, astrofisikawan di Trinity College Dublin, Irlandia, dalam sebuah pernyataan, dikutip dari CNN Indonesia hari Senin 02 Agustus 2021.

"Apa yang tidak kami duga adalah bahwa angin Matahari di masa depan dapat merusak bahkan planet-planet yang dilindungi oleh medan magnet," sambungnya.

Jika Matahari mati, maka pada akhirnya akan kehabisan hidrogen. Para astronom memprediksi bila hidrogen habis maka Matahari akan menjadi nebula atau letupan gas dan debu cahaya yang mengisi ruang angkasa.

Tanpa hidrogen, inti Matahari akan mulai "berkontraksi", sementara gaya gravitasi mulai mengambil alih inti Matahari.