Di Masa Depan Oksigen Akan Langka, Manusia Bisa Punah

Fabian Pratama Kusumah . March 05, 2021

Foto: WallpaperBetter

Teknologi.id – Hampir semua makhluk hidup yang berada di Bumi membutuhkan oksigen untuk bernafas dan bertahan hidup.

Namun kekayaan oksigen ini menurut ilmuwan tidak bersifat selamanya atau abadi. Pernah terjadi di masa lalu dan diprediksi terjadi lagi pada masa depan.

Kabar baiknya, salah satu pertanda kiamat menurut sains ini tidak akan terjadi dalam waktu miliaran tahun lagi.

Akan tetapi jika fenomenanya sudah muncul, maka penurunan kadar oksigen akan berlangsung cepat dan membuat kehidupan sekarat.

Baca juga: Peneliti Kembangkan Drone Serangga untuk Masa Depan

Pada sekitar 2,4 miliar tahun silam, peristiwa serupa disebut pernah terjadi dengan sebutan Great Oxidation Event (GOE). Oksigen di atmosfer bukanlah 'fasilitas' abadi di dunia yang bisa ditinggali seperti Bumi.

Dikutip dari Detik hari Jumat 05 Maret 2021, dalam penelitiannya yang telah dipublikasikan di jurnal Nature, dibuat simulasi dengan berbagai variabel termasuk proses geologi dan biologis di Bumi serta yang paling penting, aktivitas Matahari.

Pada saat Matahari semakin panas sinarnya pada 1 miliar tahun dari sekarang, level karbondioksida mulai menurun drastis karena tidak kuat menyerap panas. Lapisan ozon pun terbakar.