Bio Farma Terima Suntikan Dana dari Bill Gates

Annisa Fadillah . October 23, 2020

Foto : sltrib

Teknologi.id - Sebuah perusahaan Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yang memproduksi vaksin dan antisera, Bio Farma, mendapat suntikan dana dari Bill Gates melalui organisasi filantropi Bill & Melinda Gates Foundation.

Pemberian dana ini bukan yang pertama kali dilakukan oleh Bill Gates. Pada tahun 2019 silam, ia pun mengucurkan sejumlah dana untuk Bio Farma dalam rangka membantu penelitian dan pengembangan vaksin.

Baca Juga : Bagaimana Perkembangan Vaksin Bio Farma Saat Ini?

Saat ini, Bill Gates memberikan bantuan dana sebesar $ 45,7 juta atau sekitar Rp 671 miliar kepada Bio Farma untuk mengembangkan vaksin polio terbaru (nOPV). Dilansir dari situs resmi Gates Foundation, dana itu diperuntukkan guna memperluas produksi dan kapasitas pengisian, sebagai percepatan produksi nOPV2. Diharapkan, vaksin itu baru akan dapat digunakan setelah mendapatkan izin Emergency Use Listing (EUL) dari WHO.

"Mereka berikan sponsor kepada Bio Farma untuk temukan vaksin polio terbaru dan sekarang sedang proses di WHO, semacam EUL yang mirip Emergency Use Authorization (EUA). Bio Farma juga jadi satu satunya perusahaan produsen vaksin yang bisa memproduksi vaksin polio terbaru ini," kata Honesti Basyir selaku Direktur Utama Bio Farma dalam konferensi virtual (21/10), dilansir dari CNN Indonesia.

Berdasarkan laporan dari Kompas Tekno, ada pula lembaga lain selain Gates Foundation dan WHO yang terlibat dalam penelitian tersebut, yakni PATH. Sementara itu, penelitian vaksin polio generasi terbaru ini dikabarkan tengah memasuki uji klinis tahap 1-3, hingga proses produksi.

Yayasan Bill and Melinda Gates Foundation ini memang memiliki peran besar dalam perkembangan kualitas kesehatan dunia. Bantuan dana yang diberikan oleh Gates Foundation diharapkan agar produksi vaksin tidak hanya dilakukan di negara-negara barat saja. Mereka berharap jika Indonesia juga bisa melakukan itu dan mampu berperan dalam penyedia vaksin berskala global. 

Dikutip dari CNN Indonesia, hal ini sebelumnya juga sudah disampaikan oleh Menteri Keuangan Sri Mulyani dalam acara Annual Meeting IMF-World Bank Group 2018 bahwa Bill & Melinda Gates Foundation akan membantu riset di BUMN melalui Bio Farma untuk pengembangan vaksin.

Baca Juga : Bill Gates Iri dengan Mendiang Steve Jobs, Ada Apa?

(af)

teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya

Berita Terpopuler