Bermain Gadget Mampu Turunkan Kecerdasan Otak Anak, Waspadalah

Kredit : Public Domain

Teknologi.id – Penelitian baru-baru ini menyebutkan jika penggunaan gadget yang lama mampu menurunkan kecerdasaan otak anak. Mereka menemukan kemampuan mental yang lebih baik di antara anak-anak berumur 8-11 tahun yang menghabiskan kurang dari 2 jam menatap layar smartphone.

Jeremy Walsh, penulis utama studi dan mantan rekan pasca-doktoral di Children’s Hospital of eastern Ontario mengatakan perilaku ini tidak pernah dipertimbangkan. Penelitian 4500 anak di Amerika Serikat disurvei pada perilaku dan juga dinilai pada kemampuan kognitif mereka yang termasuk bahasa, memori, kecepatan, pemrosesan dan perhatian.

Secara keseluruhan hanya 5% dari anak-anak dalam penelitian ini memenuhi ketiga rekomendasi tidur, waktu menatap layar, dan aktivitas fisik. Sementara itu sebanyak 30% tidak memenuhi satupun rekomendasi. Angka 5% yang disebutkan tadi mencetak hasil terbaik pada tes kemampuan kognitif.

Tetapi, sebagaimana dicatat para peneliti, semakin banyak rekomendasi individual yang dilakukan anak, semakin baik kognisi mereka. Lalu untuk memastikan perkembangan kognitif yang baik pada anak-anak. Pakar merekomendasikan 9-11 jam tidur, kurang dari 2 jam waktu bermain gadget dan setidaknya 1 jam aktivitas fisik setiap hari.

Menggunakan perangkat smartphone untuk bermain game atau menonton video disebut sebagai pengguna layar rekreasional. Jika berlama-lama, diketahui secara independen berdampak pada kesehatan kognitif seorang anak.

(DWK)

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *