5 Software Konstruksi yang Pakai Teknologi AI, Mahasiswa Teknik Sipil Wajib Tau!

Nazdwa Maulidya . March 26, 2024

Foto : Freepik

Teknologi.id - Bagi kamu mahasiswa jurusan Teknik Sipil, saat mengerjakan suatu manajemen proyek pastinya membutuhkan alat maupun software yang membantu kamu dalam melakukan pekerjaan dengan baik.

Dikutip dari laman sipil.umm.ac.id penguasaan software adalah tuntutan utama bagi seorang engineer dalam dunia kerja tak terkecuali bagi paa insinyur Teknik Sipil.

Seiring berkembangnya zaman teknologi kini semakin canggih, teknologi saat ini yang sedang populer dalam membantu pekerjaan yaitu Artificial Intelligence (AI). Salah satunya software dengan kecerdasan buatan yang saat ini membantu kamu untuk mengerjakan semua manajemen proyek konstruksi menggunakan teknologi AI.

Dilansir dari Instagram @sarjanasipil.ed, berikut 5 software konstruksi yang menggunakan teknologi AI :

5 Software Konstruksi yang Menggunakan Teknologi AI

1. Procore

Procore merupakan platform manajemen proyek konstruksi yang menyediakan berbagai fitur, termasuk kolaborasi tim, dokumentasi proyek, pengelolaan biaya, dan jadwal.

Software ini menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu dalam perencanaan proyek, manajemen resiko, dan pemantauan kinerja konstruksi.

2. Smartvid.io

Smartvid.io menggunakan teknologi kecerdasan buatan untuk menganalisis data visual, dari lokasi konstruksi, termasuk foto dan video.

Platform ini dapat membantu dalam mendeteksi kecelakaan potensial, manajemen resiko, dan pemeliharaan prediktif dengan menganalisi tren dan pola yang muncul dari data visual tersebut. 

3. Brigdit Bench

Bridgit Bnech adalah perangkat lunak manajemen tenaga kerja yang menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu perusahaan konstruksi mengoptimalkan alokasi tenaga kerja.

Dengan menganalisis data sejarah proyek, Bridgit Bench membantu dalam pengambilan keputusan terkait penugasan dan produktivitas tenaga kerja.

Baca juga : Apple dan Google Jalin Kerja sama Ciptakan Teknologi AI di iPhone, Gini Ceritanya!

4. BrickWorks

Menggunakan kecerdasan buatan untuk menganalisis dan memproses data dari situs konstruksi. 

Hal ini membantu dalam memahami kemajuan proyek, identfikasi risiko, dan memberikan rekomendasi untuk perencanaan dan pengelolaan proyek yang lebih baik.

5. Assignar

Assignar merupakan platform manajemen operasional yang dirancang khusus untuk industri konstruksi.

Platform ini menggunakan kecerdasan buatan untuk membantu dalam penjadwalan, pengelolaan tenaga kerja, dan pemantauan kepatuhan proyek.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(nm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar