Mark Zuckerberg Minta Para Pengguna iPhone Lakukan Ini

Muhammad Iqbal Mawardi . May 05, 2021

Foto: Wallpaper Access

Teknologi.id – Facebook serta Instagram sudah menerbitkan notifikasi pada pengguna iOS di masing-masing aplikasi. Hal tersebut terkait munculnya pembaruan privasi pada iOS 14.5 belum lama ini.

Dilansir dari laman The Verge, salah satu yang difokuskan kedua perusahaan itu adalah pengumpulan data yang bertujuan membantu Facebook tetap bisa digunakan secara gratis. Notifikasi itu juga ditemukan oleh peneliti teknologi Ashkan Soltani. Ia mengunggah gambar kedua notifikasi dari Facebook dan Instagram pada akun Twitternya.

Pemberitahuan itu menuliskan versi terbaru iOS mengharuskan pihak perusahaan untuk meminta izin saat melacak beberapa data dari perangkat. Tujuannya sebagai peningkatan iklan pengguna.

Selain membantu layanan tetap tersedia gratis, terlihat juga dua platform beralasan pengumpulan data untuk menunjukkan iklan yang dipersonalisasi dan membantu bisnis yang bergantung pada iklan untuk menggapai para konsumennya.

Baca juga: Apple Resmi Rilis iOS 14.5, Ini Fitur Barunya

Dalam blog resmi perusahaan, Facebook menyebutkan notifikasi itu sebagai 'layar pendidikan'. Selain itu juga mengatakan telah memberikan detail lebih lanjut bagaimana menggunakan data untuk iklan yang dipersonalisasi.

Persyaratan terbaru dari iOS 14.5 memang mengharuskan para pengembang untuk mendapatkan persetujuan dari para pengguna perangkat. Yaitu mengizinkan Pengenal untuk Pengiklan atau IDFA dibagikan dan dikumpulkan dari seluruh aplikasi.

Pengguna bisa memilih untuk tidak memberikan izin. Meski begitu Apple dalam kebijakannya menyebutkan pengembang masih bisa menggunakan informasi lain untuk iklan bertarget

Namun informasi yang dimaksud tidak bisa dibagikan pada perusahaan lain sebagai pelacakan iklan.

Bagi pengembang yang bandel, seperti menyiasati persyaratan atau mengganti IDFA dengan informasi lain seperti alamat email akan dianggap melanggar persyaratan. Ini juga berlaku bagi aplikasi yang dikembangkan oleh Apple.

Sebelumnya, Facebook menyuarakan kritikannya pada aturan privasi Apple ini. Sebab menurut perusahaan milik Mark Zuckerberg itu, perubahan dapat merugikan bisnis kecil yang kemungkinan mengandalkan jaringan iklan untuk menjangkau konsumennya.

(MIM)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar