Instagram Menyanggah Hasil Riset yang Sebut Lebih Memprioritaskan Foto Vulgar

Indah Mutia Ayudita . June 19, 2020

Ilustrasi. Foto: Nick Ansell/PA Wire

Teknologi.id - Setelah sempat heboh dengan hasil riset oleh Algorithm Watch dan European Data Journalism yang menyatakan bahwa Instagram lebih memprioritaskan foto-foto dengan pakaian terbuka, Instagram membantah hal tersebut.

"Baru-baru ini ada sebuah studi yang menyatakan bahwa Instagram secara spesifik lebih memprioritaskan sebuah konten yang mengandung unsur ketelanjangan. Studi tersebut tidak benar," kata representatif Facebook di Indonesia kepada CNNIndonesia melalui email pada hari Kamis (18/6) lalu.

Baca juga: Riset Terbaru Ungkap Algoritma Instagram Lebih Suka Foto-foto Vulgar

"Kami menampilkan postingan berdasarkan ketertarikan, aktualitas postingan, serta faktor lain untuk menemukan konten yang relevan bagi mereka," lanjutnya.

Instagram juga mengatakan bahwa riset yang dilakukan hanya pada sebagian kecil pengguna Instagram dan berasal dari Eropa. Riset ini pun dikhawatirkan menimbulkan kesalahpahaman terkait algoritme yang digunakan Instagram. "Semakin sering pengguna berinteraksi dengan sebuah tipe postingan tertentu, Instagram akan semakin sering menampilkan tipe konten serupa bagi pengguna," jelasnya.

Baca juga: Instagram Tidak Bisa Tampilkan Lokasi? Begini Cara Mengatasinya

Untuk menghindari kesalahpahaman ini, Instagram akan mengeluarkan informasi mengenai algoritme yang digunakan Instagram untuk memilih foto mana saja yang akan ditampilkan di feed.

"Dalam beberapa minggu ke depan, kami akan mengeluarkan informasi tentang postingan mana yang direkomendasikan dan tidak direkomendasikan Instagram,"

(im)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar

Berita Menarik Lainnya