Bos WHO Sarankan Main Game untuk Jaga Kesehatan Mental Selama Wabah Corona

dialektika . March 26, 2020

wabah corona

Foto: TheHill


Teknologi.id - Saat ini Work From Home (WFH), sosial distancing, dan phsysical distancing menjadi beberapa hal yang ditekankan kepada masyarakat sebagai upaya untuk mencegah penyebaran virus Corona (Covid-19).

Meski begitu, hal tersebut tidak lantas menjadi penghambat untuk kita beraktivitas agar tetap memiliki kebugaran jiwa dan raga selama "mengurung diri" di rumah.

Beragam cara dapat kita lakukan untuk mengusir kebosanan, memanfaatkan waktu senggang, serta membunuh kecemasan terkait berita-berita tentang Covid-19 yang makin mengganas.

Baca juga: Bahaya, Situs WHO Diincar Hacker dan Nyaris Dibobol

Salah satu kegiatan yang disarankan ialah bermain game. Seruan tersebut disampaikan langsung oleh Dirjen Organisasi Kesehatan Dunia (WHO) Tedros Adhanom Ghebreyesus.

Lewat pernyataan resmi WHO yang disampaikan kepada media, penyampaian Tedros adalah bagian dari pernyataan umum terkait perkembangan dan penanganan kasus Covid-19 di seluruh penjuru dunia.

Tedros secara khusus juga menyoroti masalah kesehatan mental warga dunia saat menjalani isolasi diri di rumah untuk mencegah penularan Covid-19. Ia menyarankan warga dunia untuk bermain game sebagai hiburan selain cara-cara lainnya.

"Dengarkan musik, baca buku, atau main game," kata Tedros, dikutip dari Detik.com, pada Kamis (26/3/2020).

Baca juga: Berikut Tata Cara Memandikan dan Menguburkan Jenazah Korban Corona Versi WHO dan Kemenag

Tedros menganggap normal kalau merasa stres dan takut ketika wabah Covid-19 semakin mengganas seperti sekarang. Karenanya, dia meminta semua orang menjaga kesehatan mental dengan berbicara dengan orang lain, mendukung komunitas sebisa mungkin, serta saling berbagi kabar dengan keluarga, teman, dan tetangga.

"Coba untuk tidak baca atau menonton berita kalau itu membuat cemas. Cari informasi dari sumber terpercaya satu atau dua kali sehari," kata Tedros.

Tedros juga mengingatkan, bahwa WHO bekerja sama dengan WhatsApp dan Facebook sudah memiliki layanan chat WHO Health Alert untuk COVID-19 di nomor +41 798 931 892. Masyarakat bisa bertanya apa saja di sana terkait wabah Covid-19, termasuk data-data terbaru dan informasi-informasi penting lainnnya.

(sz)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar