Beri Pelatihan Cloud Computing, Amazon Web Service Rangkul ITB

bizjournals

Teknologi.id –  Unit bisnis Amazon.com yang menyediakan layanan komputasi awan, Amazon Web Service (AWS). 

Menunjukkan upaya penguatan bisnisnya di Indonesia dengan masuk ke level edukasi untuk mengajarkan talenta muda dalam mengoperasikan cloud computing.

Dikutip dari Kumparan, program edukasi AWS Educate kini masuk ke Indonesia dan kini mereka bermitra dengan Institut Teknologi Bandung (ITB).

Yang akan memberi pelatihan tentang teknologi cloud computing AWS. Pelatihan ini bertajuk ITB Cloud Computing Bootcamp yang berlangsung pada 16 hingga 18 Oktober 2018.

AWS Educate sendiri merupakan program yang ditujukan kepada pendidik, peneliti, tenaga kerja dan siswa yang bertujuan meningkatkan kesadaran tentang cloud computing serta membangun komunitas pendidikan.

CTO Amazon, Werner Vogels, berkata bahwa cloud computing merupakan basis teknologi yang paling ideal untuk menjawab tantangan ekonomi digital.

Dan oleh karenanya, dibutuhkan banyak talenta terampil yang mengerti betul bagaimana teknologi ini bekerja.

“Kami melatih masing-masing engineer, perusahaan dan startup. Jadi kami bekerja sama dengan universitas di Singapura, dengan ITB, dan berbagai universitas besar lainnya,” ujar Vogels dalam wawancara beberapa waktu lalu.

Pada sebelumnya pun AWS telah bermitra dengan universitas di Amerika Serikat dan Eropa untuk memberi pelatihan kepada para profesor dan pendidik terbaik.

Para pendidik ini diharapkan bisa mentransfer pengetahuan mereka kepada peserta didik. Vogels percaya, pendidikan dan talenta adalah hal penting untuk menjawab tantangan besar industri teknologi.

AWS Educate juga membuka kesempatan kepada pelajar berusia 14 tahun untuk mempelajari prinsip-prinsip dasar cloud.

Sejumlah profesor di Amerika Serikat, diketahui mulai mengintegrasikan AWS Educate dengan materi yang mereka beri di kelas.

Para mahasiswa akan memiliki akses ke pengoperasian cloud computing untuk bereksperimen dan berinovasi.

Kampus yang jadi peserta awal program AWS Educate termasuk University of Washington, Carnegie Mellon University, Cornell University dan Miami Dade College.

Harvard University dan Stanford University termasuk dalam 100 institusi pendidikan di dunia yang memberikan materi kepada perpustakaan AWS Educate.

Mereka yang ikut program AWS Educate ini akan mendapatkan akses ke forum kolaborasi dan perpustakaan besar yang dapat dipelajari, termasuk video instruksi dan webinar tentang praktik terbaik cloud computing.

Leave a Comment

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *