Jenjang Pendidikan Turut Menentukan Penetrasi Internet Masyarakat Indonesia

Hasil survei dari Asosiasi Penyelenggara Jasa Internet Indonesia (APJII) di tahun 2017 menunjukkan bahwa semakin tinggi jenjang pendidikan masyarakat maka semakin tinggi pula penetrasi internet. Terlihat dalam bagan di bawah ini, presentase masyarakat yang mengenyam pendidikan hingga Strata 2 (S2) dan Strata 3 (S3) mencapai 88,24%. Presentase ini mengalahkan presentase penetrasi internet dengan jenjang pendidikan lainnya.

Presentasi hasil survei tersebut menunjukkan responden dengan jenjang pendidikan Strata 1 (S1) sebesar 79,23%, lulusan SMA dan sederajat sebesar 70,54%, pendidikan SMP dan SD masing-masing 48,53% dan 25,1%, sedangkan masyarakat yang tidak sekolah sebesar 5,45%. Dari hasil survei tersebut juga dapat disimpulkan bahwa internet telah menjangkau semua lapisan masyarakat baik yang berpendidikan tinggi hingga yang tidak atau belum sekolah.

Sebagai informasi, jumlah pengguna internet di Indonesia pada 2017 mencapai 143,26 juta, yang berarti penetrasinya mencapai 54,68% dari total populasi penduduk Indonesia 262 juta jiwa. Jika diklasifikasikan berdasarkan jenis kelamin, pengguna internet Indonesia mencapai 51,43% adalah laki-laki dan sisanya perempuan.

Sumber: APJII, Katadata.co.id.

Baca juga: Pengguna Internet Indonesia di Dominasi oleh Usia Produktif.

Leave a Comment

Your email address will not be published. Required fields are marked *