Foto: Socialbakers
Teknologi.id - Guna melindungi privasi penggunanya, Apple melengkapi sistem operasi terbaru untuk perangkat iPhone, iOS 14, dengan sederet fitur keamanan yang canggih. Salah satu fitur keamanan itu berdampak pada iklan.
Fitur keamanan tersebut memberikan opsi untuk mencegah aplikasi pihak ketiga (third party) melacak identitas pengguna lewat nomor unik perangkat (IDFA). Sistem IDFA biasanya dimanfaatkan Facebook dan pengiklan untuk mengirim iklan kepada target pasar yang sesuai.
Baca Juga: Google Umumkan Kids Space, Mode Baru untuk Anak-anak
Fitur keamanan pada iOS 14 ini membuat pengguna akan mulai melihat iklan yang kurang relevan dengan peminatan mereka. Akibatnya, Facebook memperkirakan pengiklan yang tergabung di sistem Audience Network akan mengalami penurunan pendapatan iklan hingga 50%.
"Dalam pengujian, kami melihat adanya penurunan pendapatan lebih dari 50 persen untuk pengiklan yang tergabung di sistem Audience Network ketika sistem tidak bisa mengakses IDFA," kata pihak Facebook dilansir dari blog resminya.
Pihak Facebook memperkirakan kemungkinan dampak dari fitur keamanan pada iOS 14 ini akan lebih besar lagi di kemudian hari. Sebagai langkah antisipasi, Facebook berencana memperbarui Audience Network SDK agar dapat mendukung iOS 14.
Baca Juga: Samsung Pamerkan RAM 16GB dengan Teknologi EUV
Langkah tersebut diambil agar para pengiklan bisa memikirkan strategi sehingga pesan atau iklan bisa mencapai sasaran pengguna perangkat iOS 14. Sistem Audience Network dengan pembaruan tersebut diperkirakan akan dirilis sebelum iOS 14 diluncurkan.
"Meskipun jadwal rilis iOS 14 belum diumumkan, kami berencana untuk merilis Audience Network SDK sebelum tanggal tersebut, dan akan memberikan update sesegera mungkin setelah tanggal (rilis iOS 14) terkonfirmasi," jelas Facebook (31/8).
(rf)
Tinggalkan Komentar