Windows 11 Resmi Keluar, Berikut Cara Mendapatkannya

Sulthon Reza . October 06, 2021


Foto: Microsoft

Teknologi.id- Hari ini (5/10), Microsoft resmi mengeluarkan Windows 11 yang tersedia untuk umum. Walaupun secara teknis belum semua pengguna dapat melakukan upgrade ke Windows 11 karena untuk melakukan upgrade tersebut memerlukan spesifikasi PC tertentu seperti adalah prosesor 64-bit (minimal intel generasi 7), memori RAM 4GB, penyimpanan 64GB, UEFI secured boot, dan TPM (trusted platform module) 2.0. untuk spesifikasi lebih lengkapnya kamu dapat melihat melalui Microsoft PC Health Check. jika kamu sudah yakin memenuhi batas persyaratan minimum tersebut, berikut adalah cara mengunduh Windows 11 setelah tersedia secara umum.

Update ke Windows 11 ini bersifat gratis, kamu hanya perlu membuka Pengaturan> Pembaruan & Keamanan> Pembaruan Windows dan klik Periksa Pembaruan. Jika tersedia(memenuhi persyaratan), kamu dapat melihat Pembaruan fitur ke Windows 11, Klik Unduh dan instal. perlu diperhatikan jika kamu menggunakan Windows 10 bajakan, kamu tidak dapat melakukan upgrade ke Windows 11. Update ini pun bisa memakan waktu berbulan bulan sebelum akhirnya dapat tersedia di perangkatmu. Hal ini sekali lagi tergantung pada spesifikasi PC mu dan usia dari hardware-mu. PC baru memiliki kemungkinan besar akan mendapatkan update terlebih dahulu dibandingkan dengan PC dengan umur yang lebih tua. 

Tetapi tenang saja, jika kamu masih nyaman dengan Windows 10, kamu tetap bisa menggunakan OS tersebut hingga tahun 2025 nanti. 

Update ini menandai perubahan besar pertama pada sistem operasi Microsoft sejak Windows 10 diluncurkan pada tahun 2015. Rumor tentang desain ulang Windows telah beredar selama setahun terakhir. Pada konferensi Microsoft Build pada 25 Mei lalu, CEO Satya Nadella mengatakan Microsoft sedang merencanakan "salah satu pembaruan paling signifikan dari Windows dalam dekade terakhir," membenarkan bahwa perubahan besar akan terjadi pada 1,3 miliar pengguna OS di 2021. 

Foto: Microsoft

Windows 11 menampilkan desain baru yang ramping, dengan warna pastel, sudut membulat, suara startup baru, dan tampilan keseluruhan yang lebih mirip Mac. Menu Start Windows berpindah dari kiri bawah layar ke tengah, dengan ikon aplikasi diatur di tengah di sebelahnya. Kamu juga akan menemukan banyak alat di desktop baru, seperti widget yang dapat memberi Anda informasi sekilas, dan pembuatan virtual desktop  yang lebih mudah. Dan aplikasi Android yang dapat terhubung  ke dalam Windows, fitur dapat diinstal dari Microsoft Store, walaupun beberapa fitur tersebut akan hadir secara bertahap.

(MSR)


author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar