Twitter Blue Berbayar Elon Musk Ditunda, dan Akun Parodi Tanpa Label Dilarang

Aji Reza Mahendra . November 07, 2022


Foto: Mashable

Teknologi.id - Rencana Elon Musk untuk menjual lencana verifikasi centang biru Twitter Blue dilaporkan telah ditunda, memperlambat anjloknya platform microblogging ini. Namun, Musk juga melarang akun parodi yang tidak berlabel.

Melansir The New York Time(7/10/2022), verifikasi berbayar Twitter sekarang akan diluncurkan pada 9 November, satu hari setelah pemilihan paruh waktu AS.

Pembaruan ini sebelumnya dijadwalkan untuk diluncurkan 7 November, dengan Musk dilaporkan mengancam akan memecat karyawan jika mereka gagal memenuhi tenggat waktu ini.

Penundaan peluncuran verifikasi berbayar terjadi setelah karyawan dan pengguna Twitter sama-sama menyatakan keprihatinannya pada dampak yang berpotensi menghancurkan skema Musk terhadap integritas pemilu.

Baca juga: Twitter Besutan Musk Akan Berlakukan Konten Video Berbayar, Mirip OnlyFans?

Dapat picu penipuan

Kemampuan untuk membeli status verifikasi akan memungkinkan siapa pun untuk mendapatkan centang biru dan menggunakannya untuk menyamar sebagai tokoh-tokoh terkenal, memungkinkan mereka mempublikasikan tweet yang tampaknya berasal dari politisi atau outlet berita.

Hal ini dapat dengan mudah memicu misinformasi tentang hasil pemilu, dan merusak pemilu.

Kemungkinan bahwa Twitter akan menjadi sarang disinformasi yang berbahaya ketika perubahan Musk benar-benar ditayangkan bukanlah hal yang tidak signifikan. Tetapi setidaknya AS mendapatkan satu pemilihan terakhir yang bebas dari kekacauan yang akan segera terjadi ini.

Beberapa pengguna Twitter terverifikasi telah memprotes perubahan verifikasi Musk dengan menunjukkan betapa mudahnya tanda centang biru Twitter dapat disalahgunakan - dan betapa mudahnya orang dapat ditipu.

Artis Mark Brooks untuk sementara mengubah nama akun dan gambar profilnya untuk menyamar sebagai Harrison Ford, kemudian membagikan tweet dari pengguna yang percaya bahwa dia adalah aktor terkenal itu.

Lusinan pengguna juga telah mengubah nama pengguna mereka menjadi beberapa variasi pada "Elon Musk (parodi)", sementara akun terverifikasi milik komedian Kathy Griffin, aktor Mad Men Rich Sommer, dan mantan pemain NFL Chris Kluwe semuanya telah ditangguhkan setelah mengubah nama tampilan dan gambar profil mereka agar sesuai dengan Musk yang asli.

Musk berkicau pada hari Minggu bahwa Twitter akan secara permanen menangguhkan akun apa pun yang meniru orang lain kecuali jika akun tersebut dengan jelas melabeli dirinya sebagai parodi. Tidak jelas apakah label ini harus ada di nama akun, atau apakah penafian pada profilnya sudah cukup.

Baca juga: Karena Gadget, Wujud Manusia di Tahun 3000 Akan Lebih Bungkuk

"Sebelumnya, kami mengeluarkan peringatan sebelum penangguhan, tetapi sekarang kami meluncurkan verifikasi yang meluas, tidak akan ada peringatan," cuit Musk.

"Ini akan diidentifikasi dengan jelas sebagai syarat untuk mendaftar ke Twitter Blue." lanjutnya.

Tanggapan ini lebih condong mengurangi daripada mencegah kerusakan, dan bergantung pada akun-akun yang menyebarkan disinformasi yang tertangkap sebelum mereka melakukan kerusakan yang substansial.

Hal ini menjadi lebih tidak efektif ketika pengguna mempertimbangkan bahwa Musk memangkas sekitar 50 persen tenaga kerja Twitter Jumat lalu (4/11/2022), membuat sekitar 3.750 orang kehilangan pekerjaan dan secara signifikan mengurangi kemampuan platform untuk merespons dengan cepat terhadap aktor-aktor jahat.

Puluhan karyawan yang dipecat dilaporkan telah diminta untuk kembali, seperti dilaporkan oleh Platformer's Casey Newton, dengan Bloomberg bahwa beberapa telah diberhentikan "karena kesalahan".

Baca juga: Samsung Dropship Tawarkan Solusi Kirim File dari Android ke iPhone dengan Mudah

Twitter juga kemungkinan akan kesulitan membedakan antara akun parodi yang tidak berlabel dan akun asli, karena verifikasi identitas yang sebenarnya mungkin tidak lagi diperlukan untuk mendapatkan salah satu centang biru Twitter.

Hal ini berbahaya terlepas dari apakah pengguna memiliki profil penting atau tidak, karena seluruh hidup para pengguna Twitter berpotensi dikoyak-koyak oleh siapa pun yang memiliki US$8 dan dendam.

Selain itu, Musk juga menyatakan bahwa "perubahan nama apa pun akan menyebabkan hilangnya tanda centang terverifikasi untuk sementara waktu," yang berpotensi mengakhiri tradisi Twitter yang sudah berlangsung lama, yaitu julukan Halloween yang menyeramkan. 

"Kita beralih dari "komedi sekarang legal di Twitter" menjadi "akun parodi akan dilarang selamanya" dalam waktu kurang dari dua minggu. Bagus sekali, semuanya" cuit David Garder salah satu pengguna Twitter yang terverifikasi.

Elon Musk seperti raksasa, di mana dia dengan gegabah menghancurkan berbagai hal tanpa konsep sama sekali tentang apa yang dia lakukan.

Twitter bukanlah benteng kebajikan sebelum akuisisi Musk. Tapi sungguh mencengangkan seberapa jauh Twitter jatuh hanya dalam waktu seminggu.

(arm)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar