Starlink Mini Resmi Diluncurkan, Seukuran Laptop dan Praktis Dibawa ke Mana Saja

Sekar Arum Pangastuti . July 15, 2024

starlink mini

Sumber: SpaceX

Teknologi.id – SpaceX resmi luncurkan layanan internet berbasis satelit mini yang dinamai Starlink Mini. Layanan ini telah tersedia bagi pelanggan di seluruh wilayah Amerika Serikat tanpa perlu membayar residential subcribtion. Starlink Mini ini membutuhkan daya yang lebih kecil dari versi Starlink yang sebelumnya.  

Starlink Mini didesain agar cocok digunakan oleh orang-orang yang memiliki hobi berpergian jauh atau berada di daerah terpencil dengan minim akses internet dalam jangka waktu yang lama. Layanan Starlink Mini dapat diakses dimana pun meskipun pengguna sedang berada dalam perjalanan asalkan masih di wilayah daratan.

Baca Juga: Elon Musk Akan Buat Starlink 'Mini', Lebih Murah dan Mudah Dibawa

Spesifikasi

Berukuran sebesar laptop dengan ukuran panjang 430 mm, lebar 79 mm, dan tinggi 334 mm. Starlink Mini memiliki berat sekitar 1,10 kg tanpa kabel dan 1,53 kg dengan dudukan dan kabel sepanjang 15 meter. Dengan ukuran dan berat sedemikan rupa membuat Starlink Mini mudah dibawa bepergian dan muat dimasukan ke dalam tas.

Starlink Mini sudah terintegrasi dengan Wi-Fi router yang berfungsi agar sinyal internet dapat diterima oleh device yang ada. Maka dari itu, Starlink Mini tidak memerlukan ruang tambahan untuk menyambungkan internet dengan smartphone atau laptop.

Starlink Mini sudah dilengkapi dengan teknologi USB Power Delivery yang artinya dapat diisi menggunakan power bank atau charger smartphone. Pada saat beroperasi Starlink Mini hanya mengkonsumsi daya sekitar 25 hingga 40 watt saja. Hal itu berarti, Starlink Mini dapat menyala selama 1 jam menggunakan power bank dengan kapasitas 10.000 watt.

Bidang pandang penerimaan satelit Starlink Mini diperkirakan mencapai 110 derajat. Starlink Mini ini mempunyai daya tahan dicuaca ekstrem dari -30oC hingga 50oC dan sudah tahan terhadap air dan debu.

Starlink Mini mampu menyediakan internet pada 128 device secara bersamaan dalam jarak 112 meter persegi. Perangkat ini telah didukung dengan teknologi Wi-Fi 5, Dual Band 3x3 MU-MIMO, dan lampu indikator LCD.

Baca Juga: Wali Kota Makassar Bakal Pasang Internet Starlink di Lorong-lorong Pemukiman Warga

Harga

Untuk dapat menikmati fasilitas di atas, pelanggan dapat mulai dengan membeli perangkat Starlink Mini yang telah dipasarkan di Amerika Serikat seharga 599 dolar AS (setara Rp 9,6 juta). Kemudian pelanggan dapat berlangganan paket yang telah ditawarkan oleh Starlink.

Terdapat dua paket yang ditawarkan oleh Starlink. Paket pertama ialah paket standar dengan harga 150 dolar AS (setara Rp 2,4 juta) per bulan yang memungkinkan pelanggan untuk dapat menikmati kouta internet yang tak terbatas. Paket kedua ialah paket mini roam yang berharga 50 dolar AS (setara Rp 807 ribu) perbulan dan pelanggan akan mendapatkan kouta internet sebesar 50 gigabites.

Baca Berita dan Artikel lain di Google News

(sap)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar