Software Buatan BlackBerry ini Bahayakan Pengguna Mobil?

Fabian Pratama Kusumah . August 19, 2021

Foto: wibu

Teknologi.id – Badan Keamanan Siber dan Infrastruktur Amerika Serikat (CISA) memperingatkan, terdapat cacat keamanan siber dalam perangkat lunak yang dirancang BlackBerry.

Celah tersebut dapat membahayakan pengguna mobil dan peralatan medis.

Peringatan itu muncul setelah perusahaan Kanada tersebut mengungkapkan bahwa Sistem Operasi Waktu Nyata QNX (QNX RTOS) memiliki kerentanan.

Yang memungkinkan peretas mengeksekusi kode arbitrer atau membanjiri server dengan lalu lintas hingga macet atau lumpuh.

Baca juga: AI dan Pengaruhnya Pada Perilaku Berbelanja Konsumen

Perangkat lunak ini digunakan oleh sejumlah pembuat mobil, termasuk Volkswagen, BMW, dan Ford Motor dalam banyak fungsi penting termasuk Sistem Bantuan Pengemudi Tingkat Lanjut.

BlackBerry memastikan, masalah ini tidak memengaruhi versi QNX RTOS saat ini atau yang terbaru, melainkan versi yang berasal dari 2012 dan sebelumnya.

Ditambahkan, saat ini tidak ada pelanggan yang mengindikasikan bahwa mereka terpengaruh hal tersebut.

Baca juga: Perusahaan Software ini Diduga Jual Data Lokasi Pengguna

"Perangkat lunak itu dapat mengakibatkan aktor jahat menguasai sistem yang sangat sensitif, meningkatkan risiko terhadap fungsi-fungsi penting Bangsa",

Kata CISA dikutip Jurnas dari Reuters pada Kamis (18/8). Sementara itu, Badan Pengawas Obat dan Makanan AS (FDA) mengatakan tidak mengetahui adanya efek samping, bahkan ketika produsen peralatan medis menilai sistem mana yang dapat terpengaruh.

Perusahaan menyebut telah memberi tahu calon pelanggan yang telah terpengaruh, dan telah menyediakan tambalan perangkat lunak untuk menyelesaikan masalah tersebut.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar