NASA Gandeng Ahli Agama untuk Temukan Alien, ini Alasannya

Fabian Pratama Kusumah . December 28, 2021

Foto: NASA

Teknologi.id - Badan Penerbangan dan Antariksa Amerika Serikat (NASA) menggandeng 24 teolog, atau ahli agama untuk mencari kehidupan di luar Bumi.

Tak hanya itu, para teolog juga akan melihat bagaimana hal tersebut akan mempengaruhi gagasan tentang Tuhan dan berbagai ciptaannya.

Dari semua pemuka agama yang dilibatkan, antara lain dr. Andrew Davison yang merupakan seorang teolog dari Universitas Cambridge.

"Tradisi agama akan menjadi fitur penting dalam bagaimana umat manusia akan bekerja melalui konfirmasi kehidupan seperti itu di tempat lain," ucap Davidson.

Ia mengatakan tradisi agama dianggap sebagai bagian dari tujuan berkelanjutan NASA untuk mendukung pekerjaan astrobiologi.

Alasan NASA mempekerjakan ahli agama adalah karena ada kemajuan dalam upaya manusia untuk menemukan kehidupan lain di alam semesta.

Kolaborasi ini bagian dalam programnya di Pusat Penyelidikan Teologis (CTI) di Universitas Princeton, New Jersey.

Program ini bertujuan untuk menjawab pertanyaan-pertanyaan yang telah membingungkan manusia sejak mempertanyakan kehidupan makhluk hidup di tempat lain.

Serangkaian misi baru pun diharapkan dapat menambah pemahaman manusia tentang ruang angkasa, termasuk Teleskop James Webb yang akan diluncurkan menjelang akhir tahun.

Baca juga: Pesawat Luar Angkasa Rakitan NASA Berhasil “Menyentuh” Matahari

Selain itu, penjelajah Rosiland Franklin dari Badan Antariksa Eropa akan diluncurkan tahun depan.

Rosiland Franklin akan mengebor permukaan Mars untuk mencari fosil mikroba untuk mendeteksi jejak kehidupan.

Menurut Carl Pilcher, mantan kepala Institut Astrobiologi NASA hingga 2016, para teolog dituntun untuk mempertimbangkan implikasi dari penerapan alat-alat sains akhir abad ke-20 dan awal abad ke-21.

Terhadap pertanyaan yang dipertimbangkan dalam tradisi keagamaan selama ratusan atau ribuan tahun.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar