Google Bakal Hapus Akun Google yang Tidak Aktif! Akun Kamu Masuk Kriterianya?

Lutfiyah Fathiyani . November 14, 2023
keyword masukin sini
Foto: Reddit


Teknologi.id - Pada bulan Mei 2023, Google mengumumkan keputusan besar dalam rangka pembaharuan sistem mereka yang melibatkan penghapusan akun Gmail yang tidak aktif, yang akan diimplementasikan mulai tanggal 1 Desember 2023. Perusahaan teknologi raksasa mengambil langkah ini sebagai bentuk  perwujudan dari komitmen Google untuk terus meningkatkan kualitas dan keamanan layanan mereka. Google berencana untuk menghapus utaan akun google yang tidak aktif selama 2 tahun terakhir.

"Kami sedang memperbarui kebijakan ketidakaktifan kami untuk Akun Google menjadi dua tahun di seluruh produk kami," ujar Ruth Kricheli, wakil presiden manajemen produk Google, dalam sebuah postingan blog pada bulan Mei.

"Pembaruan ini menyelaraskan kebijakan kami dengan standar industri seputar retensi dan penghapusan akun dan juga membatasi jumlah waktu Google menyimpan informasi pribadi yang tidak digunakan," tambahnya.

Tidak hanya akun Gmail yang akan terkena dampak, tetapi juga seluruh produk Google yang terkait, termasuk foto, dokumen, video, spreadsheet, Google Drive, kalender, dan berbagai produk Google lainnya yang terasosiasi dengan akun Gmail yang tidak aktif. Akses web atau aplikasi pada akun yang menggunakan akun tersebut juga dihapus. Penghapusan ini bersifat permanen dan tidak dapat dipulihkan. Hal ini diharapkan dapat menjadi langkah agar pengguna lebih agar tetap aktif dan terlibat dengan layanan Google.

Proses penghapusan akun nantinya akan diawali dengan identifikasi akun yang dibuat tetapi tidak pernah digunakan selama dua tahun terakhir. Ini mencakup akun personal yang tidak melakukan aktivitas apa pun selama periode tersebut. Namun, penting untuk dicatat bahwa akun yang terkait dengan bisnis, organisasi, atau akun sekolah tidak termasuk dalam kriteria penghapusan ini. Begitu pula, akun Google yang masih aktif dengan langganan berita atau aplikasi lainnya dan akun yang pernah mengunggah video di youtube nantinya akan tetap aman dari penghapusan.

Akun yang dihapus oleh pihak Google bersifat permanen yang secara otomatis tidak akan bisa digunakan untuk aktivitas apapun, bahkan untuk mendaftar akun Google yang baru sekalipun.

Baca juga: Cara Mengaktifkan Akun Google yang Dinonaktikan

Perusahaan raksasa ini juga mencatat bahwa kebijakan ini diambil sebagai respons terhadap temuan analisis internal mereka yang menunjukkan bahwa akun yang jarang digunakan memiliki tingkat verifikasi dua faktor yang lebih rendah dibandingkan dengan akun yang aktif.

Ruth Kricheli menjelaskan, "Akun-akun ini sering rentan, dan ketika suatu akun diretas, akun tersebut dapat digunakan untuk berbagai tujuan, mulai dari pencurian identitas hingga menjadi vektor untuk konten yang tidak diinginkan atau bahkan berbahaya, seperti spam."

Hal ini tentu dilakukan serta merta untuk kenyamanan pengguna. Meskipun begitu, Google juga menyadari bahwa kebijakan ini dapat memberikan dampak signifikan bagi para pengguna. Oleh karena itu, mereka mengumumkan bahwa pendekatan yang diterapkan akan bersifat bertahap.

Proses penghapusan akan dimulai dengan akun yang hanya dibuat tetapi tidak pernah digunakan dalam aktifitas produk Google apapun. Sebelum penghapusan benar-benar dilakukan, Google berkomitmen juga untuk mengirimkan serangkaian pemberitahuan selama beberapa bulan sebelumnya. Pemberitahuan ini akan dikirimkan tidak hanya ke alamat email utama akun, tetapi juga ke alamat email pemulihan, apabila pengguna telah menyediakannya. Maka dari itu pengguna bisa waspada apakah akun mereka masuk dalam daftar akun yang akan dihapus atau tidak.

Kabar baiknya, dalam upaya untuk memberikan opsi kepada pengguna yang mungkin ingin mempertahankan akun mereka.Google memberikan arahan yang cukup mudah. Pengguna yang ingin menghindari penghapusan akun google dapat melakukan beberapa aktivitas kecil.

Cara agar Akun Tidak Terhapus

Langkah pertama, penguna dapat masuk ke akun yang tidak pernah aktif tersebut, lalu pengguna dapat melakukan aktifititas seperti:

1. Melakukan pencarian di Google

2. Melakukan aktifitas file di Google Drive seperti membuat form dan mengunggah file

3. Menginstall aplikasi di Google Play Store

4. Membaca atau mengirim pesan melalui email

5. Menonton video di youtube

6. Membagikan foto/video

7. Menggunakan akun tersebut untuk verifikasi di aplikasi

8. Mengunggah video di YouTube.

9. Melakukan langgan / subscribe

Jika anda melakukan pencegahan penghapusan sebelum tanggal 1 Deember 2023, Google tidak akan menghapus akun anda.

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News.

(LF) 

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar