Elon Musk Tunjuk Linda Yaccarino Jadi CEO Baru Twitter

Hayuni Alfiana P. . May 13, 2023

Foto: dailyexcelsior

Teknologi.id - Kabar baru, nih, buat para pengguna Twitter! Elon Musk secara resmi mengumumkan bahwa mantan Kepala Periklanan dan Kemitraan Global di NBC Universal, Linda Yaccarino, menjadi CEO baru Twitter. Pengumuman tersebut ditulis lewat cuitan Twitter resminya Elon Musk. 

"saya senang menyambut Linda Yaccarino sebagai CEO Twitter yang baru! @LindaYacc akan fokus terutama pada operasi bisnis, sementara saya fokus pada desain produk & teknologi baru. Berharap untuk bekerja sama dengan Linda untuk mengubah platform ini menjadi X, aplikasi serba ada," tulis Elon Musk.

Dalam tweet Musk di Twitter, dia membagi tugas antara dirinya dan Yaccarino. Musk akan bertanggung jawab atas desain produk dan teknologi baru, sementara Yaccarino akan fokus menjalankan bisnis Twitter. Musk juga sedikit tersinggung dengan pembuatan aplikasi X, aplikasi all-in-one Musk.

Dia berharap dapat bekerja sama dengan Yaccarino untuk segera mengubah Twitter menjadi aplikasi X. "Menantikan bekerja sama dengan Linda untuk mengubah platform ini (Twitter) menjadi X, aplikasi all-in-one," tambah Musk.

Tak asing lagi, konsep superapp atau X merupakan aplikasi yang mirip dengan WeChat di China. Aplikasi tersebut menawarkan sejumlah layanan perpesanan, alat pembayaran, pesan antar makanan, dan ride sharing.

Beberapa waktu lalu setelah Musk mengumumkan sosok CEO baru, ia juga mengabarkan jika dirinya dan Yaccarino akan melakukan diskusi dan tanya-jawab secara langsung melalui Twitter Space. Akan tetapi, kapan waktunya masih belum ada informasi lebih lanjut. 

“Segera setelah @LindaYacc siap, kami akan melakukan Space yang mana Anda bisa bertanya apa saja kepada kami,” cuit Elon Musk.

Elon Musk memang sudah memberi petunjuk perihal sosok CEO baru yang akan bekerja sama dengannya, dengan menulis jika sosok tersebut merupakan seorang perempuan. Ia juga sempat memberitahukan jika pengganti tersebut akan segera mulai bekerja pada enam minggu yang akan datang. 

Kemungkinan jika dihitung, maka CEO baru sudah bisa bekerja mulai dari akhir Juni tahun ini. Sementara itu, Linda Yaccarino juga sudah mengonfirmasi dirinya telah mengundurkan diri dari posisi Kepala Periklanan dan Kemitraan Global di NBC Universal. 

Baca Juga: Indonesia Urutan Kelima Pengguna Twitter Terbanyak di Dunia! Ini 8 Potensi Kariernya

Perihal kerjasama yang terjadi, perlu diketahui juga jika hubungan antara Musk dan Yaccarino memang terlihat cukup akrab. Terbukti kala April lalu, Yaccarino perna mewawancarai Musk pada sebuah acara periklanan di Miami. Dalam wawancara yang terjadi, Yaccarino sesekali melontarkan pujian atas kinerja Musk di Twitter.

Dirinya manyoroti nilai kebebasan berbicara yang dipakai Musk selama berbicara di Twitter. "Elon berkomitmen untuk terbuka kepada semua orang agar mendapat umpan balik berkelanjutan. Ia juga terbuka pada dirinya sendiri untuk berpartisipasi dengan aturan transparansi dan keamanan baru yang diunggah waktu itu. Perlu diingat, kebebasan berbicara bukan berarti bebas menjangkau," ungkap Yaccarino dalam acara tersebut.

Sosok Linda Yaccarino dikenal sebagai wanita karier yang sudah bekerja selama 19 tahun di Turner Entertainment, ia memulai semuanya sejak Januari 1992 hingga November 2011 di perusahaan tersebut.

Di Turner, Yaccarino menjabat sebagai Chief Operating Officer (COO) divisi Penjualan Iklan, Pemasaran, dan Akuisisi. Banyak yang menganggap dirinya sebagai sosok yang berpengaruh, karena mampu menghadirkan operasi penjualan jaringan iklan ke era digital. Setelah akhir 2011, dirinya memutuskan untuk mengundurkan diri dan pindah ke NBC Universal Media.

Ketika bekerja pertama kali di NBCU, Yaccarino menjabat sebagai Presiden Cable Entertainment dan Penjualan Iklan Digital. Sebelum keluar dari NBCU, ia bahkan menjadi advokat industri periklanan karena dengan sukses berhasil menemukan cara mengukur keefektifan iklan di suatu perusahaan.

Posisinya juga terbilang penting, karena kala itu ia adalah ketua periklanan global. Maka cukup wajar, jika banyak yang beranggapan kalau posisinya dinilai krusial dan dianggap sebagai kunci karyawan. Yaccarino juga memiliki kontribusi yang cukup besar pada peluncuran layanan streaming NBC dan Peacock, yang sebelumnya didukung oleh iklan.

Nah, menurut kalian dengan bergabungnya Linda Yaccarino menjadi bagian dari pemimpin Twitter, akankah aplikasi berlogo burung biru tersebut dapat mengalami peningkatan yang signifikan? Mari kita nantikan kinerjanya ya!

Baca Berita dan Artikel yang lain di Google News

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar