Bitcoin Sekarang Bisa untuk Beli Mobil Tesla, Mau Coba?

Fabian Pratama Kusumah . March 25, 2021

Foto: Liputan6

Teknologi.id - Beberapa bulan terakhir Elon Musk dikenal sebagai influencer yang menggerakkan Bitcoin. Elon Musk juga memiliki jumlah Bitcoin yang fantastis.

Menurut hedge fund global pendiri SkyBridge Capital Anthony Scaramuncci, dikutip dari CNBC Indonesia, Elon Musk memiliki dana lebih dari US$5 miliar.

Jumlah tersebut sekitar Rp72 triliun dalam bentuk Bitcoin. Namun belum ada konfirmasi dari Elon Musk soal kebenaran jumlah kepemilikan Bitcoin tersebut.

Sekarang perusahaan pembuat mobil listriknya, Tesla membuka diri untuk pembayaran menggunakan Bitcoin.

Baca juga: Tesla Beli Bitcoin Senilai Rp 21 Triliun, Ini Tujuannya

Hal itu diumumkan langsung oleh Elon Musk melalui akun Twitternya. Dia mengumumkan bahwa Tesla sudah mulai menerima Bitcoin sebagai bentuk pembayaran.

"Anda sekarang dapat membeli Tesla dengan Bitcoin," kicau Musk. Rencana Tesla menerima metode pembayaran untuk mobil listriknya menggunakan Bitcoin memang sudah diketahui sejak Februari lalu.

Seperti diketahui, awal tahun ini Tesla menginvestasikan US$1,5 miliar dalam cryptocurrency. Investasi tersebut telah menghasilkan laba bagi Tesla hampir US$1 miliar.

Tesla hanya akan menggunakan perangkat lunak internal dan open source dan mengoperasikan Node Bitcoin secara langsung.

Dikutip dari Detik, Node sendiri merupakan komputer yang mengamankan dan memverifikasi transaksi Bitcoin.

Baca juga: Ini Jumlah Bitcoin Milik Elon Musk, Nilainya Fantastis!

Selain itu Bitcoin yang dibayarkan ke Tesla akan dipertahankan sebagai Bitcoin, tidak dikonversi ke mata uang sah yang dikeluarkan pemerintah.

Pembayaran untuk pembelian mobil Tesla menggunakan Bitcoin saat ini hanya bisa dilakukan di AS. Namun Elon Musk berharap dapat segera memperluas metode pembayaran itu ke seluruh dunia.

Menurut Tesla, penerimaan mata uang kripto sebagai alat pembayaran bertujuan mendiversifikasikan pembayaran, sekaligus memaksimalkan pengembalian uang tunai.

Tesla pun saat ini menjadi satu-satunya perusahaan mobil listrik yang menerima pembayaran dalam bentuk mata uang kripto.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar