100 Ribu Lebih Data Pelamar Pertamina Diduga Bocor, ini Isinya

Fabian Pratama Kusumah . January 11, 2022

Foto: IT PRO

Teknologi.id – Belum lama ini, data pasien kesehatan Indonesia milik Kementerian Kesehatan diduga bocor.

Jumlah data yang bocor diperkirakan sekitar 6 juta pasien. Oknum penjual data pribadi di Raid Forum itu memiliki username Astarte. Dari yang terlihat, ia menjual 720 GB data dan dokumen kesehatan pasien.

Kini, ratusan ribu data pribadi pelamar kerja di PT Pertamina Training & Consulting (PTC) diduga bocor di Raid Forums.

PTC merupakan anak usaha Pertamina yang bergerak di bidang pengembangan sumber daya manusia (SDM) melalui pelatihan, konsultasi, dan manajemen.

Pakar Keamanan Siber Pratama Persadha menuturkan pelaku mengklaim isi data pelamar kerja itu terdiri dari KTP, Kartu Keluarga, kartu BPJS, akta kelahiran, ijazah, transkrip nilai, dan data lainnya.

"Sampel data berjumlah 163.181 file dengan total 60GB dibagikan secara gratis, namun saat ini alamat yang digunakan untuk mengunduh sampel data sudah kadaluarsa," ujar Pratama dikutip dari Liputan6.com, Selasa (11/1/2021).

Selain itu, jika dilihat lebih rinci dari beberapa file ternyata masih banyak data lain milik pelamar kerja tersebut di dalamnya.

"Seperti CV (Curriculum Vitae), SKCK, Foto, SIM, surat bebas narkoba, surat keterangan sehat, dan dokumen lainnya," kata Pratama.

Baca juga: 6 Juta Data Pasien Milik Kemenkes Bocor, Apa Upaya Pemerintah?

Dilansir dari Liputan6, pembocor data tersebut ternyata sama dengan yang menjual 6 juta data pasien Kemenkes yaitu 'Astarte'. Namun, data-data tersebut sudah dihapus oleh pelaku.

Astarte sempat menaruh tautan untuk mengunduh seluruh data tersebut secara gratis. Namun, saat ini tautan yang mengarah ke aplikasi berbagi file, Gofiles, sudah dihapus.

Hingga saat ini belum ada konfirmasi dari pihak terkait termasuk Pertamina tentang insiden tersebut.

(fpk)

author0
teknologi id bookmark icon

Tinggalkan Komentar

0 Komentar