Zoom Umumkan Beli Perusahaan Cloud Seharga Rp213 Triliun

Dwi Rahmadani . July 22, 2021

Foto : Kumparan

Teknologi.id - Selama masa pandemi, Zoom menjadi salah satu platform pilihan untuk mengadakan meeting virtual. Hal tersebut membuat Zoom menjadi salah satu perusahaan dengan pertumbuhan luar biasa pada tahun 2020.

Pada tahun 2020 saham Zoom melonjak sekitar lima kali lipat dan telah meningkat lagi 7,3 % pada tahun ini hingga saat ini, mendorong nilai pasarnya melewati USD100 miliar.

Dengan memanfaatkan kenaikan harga sahamnya yang mengesankan pada tahun lalu, Zoom melakukan akuisisi besar pertamanya dengan membeli perusahaan pusat kontak cloud Five9 seharga USD14,7 miliar atau setara dengan Rp213 Triliun.

AkuisIsi yang diusulkan merupakan upaya terbaru Zoom untuk memperluas penawarannya. Pada tahun lalu, perangkat lunak konferensi video ini telah menambahkan beberapa produk kolaborasi kantor, sistem telepon awan, dan alat komunikasi rumah all-in-one.

Diperkirakan, proses transaksi akan selesai pada pertengahan tahun 2022, demikian pernyataan dari perusahaan.

Five9 adalah perusahaan berusia 20 tahun dengan 2.000 pelanggan di seluruh dunia, termasuk SalesForce dan Under Armour, dan memproses lebih dari 7 miliar menit panggilan setiap tahun. Pihak Zoom berharap dengan adanya kemitraan ini akan membantu Zoom memasuki pasar “$24 miliar” untuk pusat kontak. Dan juga membantu Zoom bersaing lebih baik dengan pesaing dikelasnya.

“Kami akan terus mencari cara untuk meningkatkan platform kami dan penambahan Five9 adalah kecocokan alami yang akan memberikan lebih banyak kebahagiaan dan nilai bagi pelanggan kami,” ungkap CEO Zoom Eric Yuan dalam sebuah pernyataan.

Five9 ditutup pada hari Jumat dengan kapitalisasi pasar USD11,9 miliar (Rp172 triliun), atau USD177,60 per saham. Zoom mengatakan pemegang saham Five9 akan menerima 0,5533 saham Zoom Video Communications untuk setiap saham Five9. Itu menilai Five9 pada USD200,28 per saham dengan premi 13%.

Dikutip dari data yang dihimpun Bloomberg, akuisisi ini merupakan kesepakatan keempat zoom sejak awal pandemi. Pada bulan Juni, Zoom mengumumkan bahwa telah menandatangani kesepakatan untuk mengakuisisi startup Jerman Karlsruhe Information Technology Solution-kites GmbH, pembuat perangkat lunak terjemahan.

Pada bulan Maret, Zoom adalah bagian dari kelompok yang mengakuisisi saham minoritas di perusahaan perangkat lunak Assembled Inc. Dan pada Mei 2020, ia membeli Keybase Finacial Group., yang membuat layanan perpesanan dan berbagi file yang aman.

 

(DR)



teknologi id bookmark icon
Berita Terpopuler