Waifai atau Waifi? Begini Cara Baca Wi-Fi yang Benar

Teknologi.id . May 13, 2020

Foto: Rumah123

Teknologi.id - Siapa sih yang tidak kenal Wi-Fi? Saat ini hampir di seluruh tempat mudah ditemukan penggunaan Wi-Fi, mulai dari rumah pribadi, sekolah, kantor, hingga taman kota.

Wi-Fi yang awalnya merupakan jaringan tanpa kabel untuk penggunaan perangkat nirkabel dan Jaringan Area Lokal (LAN), kini seiring waktu lebih populer digunakan untuk mengakses internet secara berjamaah.

Fungsi dan cara bekerja Wi-Fi mungkin sudah banyak yang paham, namun rupanya tidak sedikit orang yang belum mengetahui bagaimana cara yang benar untuk membaca kata Wi-Fi. Apakah "waifi" atau "waifai"?

Baca juga: Tak Takut Dipenjara, Elon Musk Nekat Buka Pabrik Tesla Saat Lockdown

Menurut Cambridge Dictionary, Merriam Webster atau Harcard Cambridge, cara membaca Wi-Fi yang benar ialah dibaca "waifai", bukan "waifi" ataupun "wifi". Di kedua kamus itu, Wi-Fi ditranskripsi dengan fonetik /ˈwaɪˌfaɪ/.

Untuk memudahkan membuktikannya, kamu bisa memanfaatkan fitur Translate by speech yang ada di Google Translate dan memasukkan kata Wi-Fi. Nantinya suara pelafalan yang terdengar di Google Translate adalah "waifai".

Selain itu, penulisannya pun juga ada tata caranya, yakni ditulis Wi-Fi bukan WiFi atau wifi.

Baca juga: Oppo Buka-bukaan Bahayanya Fast Charging di Ponsel, Ini Sebabnya

Arti kata Wi-Fi

Meskipun mempunyai tata cara penulisan, kata Wi-Fi sendiri sebenarnya tidak memiliki arti apapun, berlawanan dengan pengetahuan banyak orang selama ini yang mengira Wi-Fi merupakan singkatan dari ‘Wireless Fidelity’.

Kata Wi-Fi sebenarnya merupakan trademark yang diciptakan oleh aliansi jaringan Wi-Fi alias Wi-Fi Alliance, yang didirikan oleh Phil Belanger, di Amerika Serikat.

Penggunaan kata Wi-Fi disebut lebih sederhana dan lebih mudah diingat bila dibandingkan dengan nama IEEE 802.11b yang merupakan nama asli produk tersebut.

(dwk)

author
0 orang menyukai ini
teknologi id bookmark icon

Berita Menarik Lainnya

Tinggalkan Komentar

0 Komentar